Ingin Menurunkan Kadar Kolesterol? Komsumsi Dua Bahan Tradisional Ini

Mencegah penyakit jantung koroner tidak mesti mengeluarkan kocek yang dalam. Jalan kaki minimal 30 menit secara teratur dapat dilakukan. Selain itu, kita juga dapat melakukan pola hidup sehat yang lain, salah satunya adalah mengkomsumsi makanan yang bergizi. Makanan bergizi yang mudah didapat dan berharga terjangkau yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah bawang. Baik itu bawang putih maupun bawang merah.
Mengapa bawang putih dapat mencegah penyakit jantung koroner? Karena didalam bawang putih terkandung senyawa belerang, seperti: allin, allisin, dialil disulfide dan dialil trisulfida. Nah, senyawa inilah yang berkhasiat untuk membantu mencegah penyakit jantung koroner. 

Dimana kandungan yang terdapat didalam bawang putih ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sampai membantu melebarkan pembuluh darah. Hebatnya lagi, bawang putih ini tidak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) tapi juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh (HDL).

Untuk mendapatkan khasiat dari bawang putih ini, sebaiknya bawang putih yang hendak dikomsumsi dimemarkan, dicincang atau di-geprek. Tapi, kalau mau dijadikan obat, lebih baik umbi bawang putih yang sudah dimemarkan ini dimakan mentah agar kandungan senyawanya bisa keluar. Bagi anda yang mempunyai riwayat gangguan lambung, berhati-hatilah karena bawang putih dapat mengiritasi lambung.
Tidak jauh berbeda dengan bawang putih, bawang merahpun dapat dijadikan obat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dimana dalam uji coba melalui kelinci dan tikus menunjukkan bawang merah dapat menurunkan lemak, sehingga menghambat kemungkinan terjadinya penebalan dinding dan penyumbatan pembuluh koroner.
Tapi sayangnya, pemberian bawang merah baru bermanfaat bila dalam jumlah banyak. Misalnya, diperlukan 20 umbi bawang merah kering. Baca Juga: 13 Makanan Super Untuk Melindungi Kesehatan Jantung Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Menurunkan Kadar Kolesterol? Komsumsi Dua Bahan Tradisional Ini"

Posting Komentar