Bahaya Kopi Terhadap Kesehatan Jantung Anda

Benarkah minum kopi dapat menyebabkan penyakit jantung? Ada banyak jenis tanaman kopi di seluruh dunia. Tapi, kopi yang paling sering digunakan ada dua jenis saja, yaitu: kopi arabika dan kopi robusta. Lalu berbahayakah kedua jenis kopi ini bagi tubuh anda? Mari kita simak penjelasan di bawah ini:
Salah satu sebab mengapa kopi dituding sebagai penyebab penyakit jantung adalah kandungan kafein didalamnya. Seperti diketahui kandungan kafein pada kopi arabika yaitu sebesar 1,5% dan sementara kandungan kafein kopi robusta lebih tinggi, yaitu 2,8%. Dan tahukah anda bahwa kopi robustalah kopi yang biasanya dijual dalam bentuk kemasan?

Mengapa kafein pada kopi disinyalir dapat menyebabkan penyakit jantung jika dikomsumsi terus menerus? Karena seperti disinggung di atas kopi banyak mengandung kafein yang membuat beban jantung semakin bertambah bahkan menimbulkan serangan jantung.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Harvard Health Publication, kopi merupakan salah satu penyebab meningkatnya denyut jantung secara signifikan. Dimana kopi dapat menjadi stimulan yang merangsang sistem saraf pusat yang menyebabkan jantung memompa lebih cepat.

Itu sebabnya bagi orang yang menderita atau memiliki gejala penyakit jantung, darah tinggi, sakit ginjal dan stroke sangat tidak dianjurkan minum kopi lebih dari 1 gelas sehari. Dimana dalam Journal of Neurology tahun 2002, disebutkan bahwa meminum kopi lebih dari 5 gelas sehari dapat menaikkan kadar trigleserida  dan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jika trigleserida dan kolesterol jahat sudah menumpuk maka aliran darah baik dari jantung menuju tubuh atau sebaliknya akan terhambat sehingga jantung dan tubuh akan kekurangan ‘makanan’ yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Kopi Terhadap Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar