Begini Cara Membaca Old Miokard Infark (OMI) Pada Hasil EKG

Bagaimana cara membaca adanya Infark lama (Old Miokard Infark atau biasa disingkat OMI) pada hasil EKG? Sebenarnya untuk mengetahui adanya serangan infark lama di hasil pembacaan EKG tidaklah susah, asal Anda sudah mengetahui Dasar Dasar Pembacaan EKG .
Dalam menentukan adanya OMI (Old Miokard Infark) pada seseorang dari hasil rekam jantung (EKG), umumnya bisa dilihat pada gelombang Q. Dimana pada gelombang Q akan muncul Q patologis. Apa itu Q patologis? Q patologis adalah apabila hasil rekam jantung Q lebih dalam 1/3 dari tinggi R.

Bagi Anda yang masih bingung akan Q patologis ini, dapat melihat gambar di bawah ini:

Bagaimana gampang bukan menentukan Q patologis? Ok. Lalu, bagaimana menentukan lokasi terjadinya serangan jantung yang mengakibatkan kematian jaringan di jantung (OMI) tersebut? Caranya gampang, Anda tinggal menentukan area timbulnya Q patologis pada hasil rekam jantung.
Apabila Q patologis hadir di lead II, III, dan AVF maka OMI terjadi di bagian inferior (bawah), jika terjadi di V5 dan V6 berarti serangan jantung yang lama terjadi di area jantung lateral (samping). Untuk lebih jelasnya pembagian lokasi jantung dapat di lihat Disini .

Tapi, ingat Q patologis yang hanya muncul di satu area tidak mengindikasikan kalau ada serangan lama (OMI). Contohnya, jika ada Q patologis di lead V5 tapi di V6 Q patologis tidak hadir, maka itu berarti adanya OMI di ragukan atau di singkirkan dari penegakan sebuah diagnosa. Begitu juga sebaliknya, jika di V6 Q patologis hadir, tapi jika di V5 Q patologis tidak hadir, maka OMI juga diragukan atau disingkirkan. Baca juga: Cara Membaca SVT Pada Hasil EKG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Membaca Old Miokard Infark (OMI) Pada Hasil EKG"

Posting Komentar