Benarkah Jantung Berdebar-debar Tanda Seseorang Sakit Jantung?

Apakah jantung sering berdebar-debar tanda seseorang menderita penyakit jantung? Pertanyaan ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan seseorang yang sering mengalami keluhan tersebut. Sebelum menjawab pertanyaan di atas marilah kita menegok apa itu jantung berdebar-debar? apa yang menyebabkan jantung berdebar-debar tersebut?
Jantung berdebar-debar adalah sensasi ketika jantung anda terasa berdegup sangat kencang yang disebabkan oleh banyak faktor. Sebenarnya, tanpa dirasakan jantung kita berdetak tiap detiknya. Dimana detakan ini berfungsi memompakan darah ke seluruh tubuh untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh.

Adapun penyebab jantung berdebar-debar adalah sebagai berikut:
1.  Stres: merupakan penyebab tersering dari jantung sering berdebar. Mengapa stres dapat membuat jantung berdetak kencang atau berdebar-debar? Karena pada saat stres hormon adrenalin akan terlepas dari tubuh dan membuat jantung berdebar.
2.  Memiliki kebiasaan hidup yang buruk: salah satu contohnya adalah kebiasaan merokok dan mengkomsumsi minuman beralkohol. Merokok yang mengandung zat berbahaya termasuk nikotin akan menyebabkan kerja jantung semakin berat. Sedangkan komsumsi alkohol akan menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan. Akibatnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh, jantung berkompensasi dengan berdetak lebih kencang. Itulah yang menyebabkan jantung berdebar-debar ketika mengkomsumsi alkohol. Selain itu, komsumsi kafein juga dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Baca Juga: Kebiasaan Buruk Sehari-hari Yang Menyebabkan Sakit Jantung

3.  Komsumsi Obat-obatan: ada jenis obat-obatan tersebut yang dapat membuat jantung berdetak lebih kencang dari biasanya.
4.  Penyakit Jantung: jantung berdebar-debar merupakan salah satu tanda adanya penyakit jantung dari seseorang. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Dimana pada penyakit jantung koroner ini seseorang mengalami penyumbatan pada pembuluh darah arterinya, sehingga aliran darah menjadi kurang lancar atau tersumbat sama sekali. untuk pemenuhan kebutuhan akan nutrisi penting didalam darah, tubuh berkompensasi dengan cara memompa lebih kencang dari biasanya.
5.  Penyakit lainnya: banyak penyakit yang dapat menyebabkan jantung berdetak lebih kencang. Beberapa diantaranya adalah: anemia, kelenjar tiroid, dehidrasi, demam, kencing manis, dll.

Untuk menentukan penyebab jantung berdebar-debar ini, anda dapat memeriksakan diri ke dokter keluarga anda. Umumnya seseorang akan didiagnosis terkena penyakit jantung setelah melalui serangkaian pemeriksaan. Mulai dari pemeriksaan fisik penderita, pemeriksaan darah, rekam jantung atau yang populer dengan EKG, foto thorak maupun pemeriksaan kateterisasi jantung. Baca Juga: 6 Pemeriksaan Jantung Untuk Mengetahui Penyakit Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Jantung Berdebar-debar Tanda Seseorang Sakit Jantung?"

Posting Komentar