Cara Membaca VES Pada Hasil EKG

Bagaimana cara membaca Ventrikel   ekstra  sistol  (VES) pada hasil EKG? Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari cara membaca VES pada lembar EKG. 
Sebelum mempelajari pembacaan VES pada hasil EKG, sebaiknya kita mengetahui apa itu VES? Jadi Ventrikel   ekstra  sistol  (VES) adalah Aritmia (kelainan irama) ventrikel  yang   terjadi   sewaktu tempat   ektopik   di ventrikel   mengalami   depolarisasi   spontan   dan   menyebabkan kontraksi ventrikel. Biasanya terjadi sewaktu bagian ventrikel mengalami iritasi atau   cidera   akibat   kekurangan   oksigen.

Adapun gambaran EKG pada VES adalah sebagai berikut:

Irama: Tidak Teratur.
Frekwensi: Bervariasi, tergantung irama dasar.
Gelombang P: Tidak ada.
Interval P-R: Tidak dapat diukur.
Interval QRS: Lebar > 0,12 detik.
Biasanya diikuti ‘compensotory pause’ setelah PAC.
Pada VES ini ada beberapa macam gambaran pada hasil EKG-nya. Tapi, ada beberapa yang sangat berbahaya jika ditemukan dihasil lembaran EKG. Berikut lima bentuk Ekstrasistol Ventrikel (VES) yang berbahaya:
1.   VES lebih dari 6x/menit (EKG VES banyak)
2.  VES Bigemini: adalah VES yang mana disetiap satu kompleks normal diikuti satu VES

3.  VES Multifokal: Ventrikel Ekstra Sistol yang memiliki bentuk beragam dalam lead yang sama. Disebut juga VES Multifokal. Ini menunjukan ada beberapa sumber impuls yang berbeda di Ventrikel.

4.  VES Consecutif: yaitu VES yang muncul secara beruntun

5.  VES R on T: yaitu VES yang muncul persis di gelombang T
Itulah kelima gambaran VES yang berbahaya bagi penderita. Semoga artikel singkat ini menambah pengetahuan kita semua. Sehingga kita lebih paham akan gambaran VES yang berbahaya bagi penderita dan dapat melakukan penanganan yang tepat buat penderita. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membaca VES Pada Hasil EKG"

Posting Komentar