Cara Mengetahui Lokasi Jantung Yang Bermasalah Pada Hasil EKG

Bagaimana cara mengetahui lokasi terjadinya kelainan pada jantung melalui rekaman EKG? Lalu, apa arti dari V1, V2, V3, V4, V5, V6, RA, LA, LF dan RF pada pemasangan EKG? Berikut penjelasannya:
Untuk mengetahui lokasi terjadinya kelainan/kerusakan/serangan pada jantung melalui EKG sebenarnya mudah jika kita tahu dasar-dasar pembacaan EKG. Untuk mengetahui lokasi kelainan/kerusakan jantung terlebih dahulu kita harus mengetahui makna atau arti dari elektroda yang terpasang pada tubuh pasien (V1, V2, V3, V4, V5, V6, RA, LA, LF dan RF).
Anda tentu ingat pemasangan elektroda EKG pada tubuh penderita, berikut akan kami ingatkan kembali pemasangan elektode di tubuh pasien:

V1: disela iga ke 4 garis sternal kanan
V2: sela iga ke 4 pada garis sternal kiri
V3: terletak siantara V2 dan V4
V4: ruang sela iga ke 5 pada garis tengah klavikula kiri
V5: garis aksila depan sejajar dengan V4
V6: garis diaksila tengah sejajar dengan V4
Sedangkan pada pemasangan pada tangan dan kaki:
Merah (RA/R) dilengan kanan
Kuning (LA/L) dilengan kiri
Hijau (LF/F) di tungkai kiri (Kaki)
Hitam (RF/N) tungkai kanan sebagai ground. Baca Juga: Cara Terlengkap Menempatkan Elektrode EKG

Lalu, bagaimana cara penentuan lokasi jantung yang bermasalah? Berikut caranya:
Pertama jika jantung bagian inferior (bawah) yang bermasalah maka gambaran yang bermasalah adalah dibagian lead II, Lead III dan Lead AVF. Dikertas Ekg akan terlihat kelainan gambaran tersebut. 
Tapi mungkin Anda penasaran dari mana Lead I,  II, III dan AVF berasal? Lead I berasal dari Hubungan Antara RA dan LA atau hubungan antara elektrode yang terpasang pada lengan kanan dan kiri. Sedangkan lead II terbentuk dari hubungan antara RA dan LF (elektrode yang terpasang lengan kanan dan tungkai kiri), Lead III sendiri terbentuk dari hubungan antara LA dan LF (atau elektrode yang terpasang lengan kiri dengan tungkai kiri).
Kedua jika jantung bagian anterior (depan) yang bermasalah: maka akan terlihat kelainan pada V3 dan V4. Ketiga jika jantung bagian Septal yang bermasalah: maka yang terlihat bermasalah pada lembar EKG adalah dibagian AVR, V1 dan V2. Bagi anda yang bertanya dari mana datangnya gelombang AVR maka berikut penjelasannya: AVR terbentuk dari hubungan dari Lead I dan Lead II.
Keempat jika jantung bagian lateral (samping) yang bermasalah: maka yang terlihat bermasalah pada gambaran Ekg adalah dibagian Lead I, AVL, V5 dan V6. Bagi anda yang bertanya dari mana datangnya gelombang AVL maka berikut penjelasannya: AVL terbentuk dari hubungan dari Lead I dan Lead III.
Demikianlah penjelasan tentang bagaimana menentukan lokasi jantung yang bermasalah, semoga artikel singkat ini dapat menjawab pertanyaan anda semua. Amiin. Baca Juga: Cara Membaca VES Pada hasil EKG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Lokasi Jantung Yang Bermasalah Pada Hasil EKG"

Posting Komentar