Faktor Pemicu Serangan Jantung Pada Anak Muda

Anda yang masih muda mungkin beranggapan bahwa penyakit jantung tidak akan mengenai anda. Padahal faktanya usia mudapun berisiko terkena penyakit mematikan ini. Tidak usah jauh-jauh, ambil contoh artis muda yang secara mengejutkan meninggal dunia baru-baru ini, ya dia adalah Irena Justine. Dimana kabarnya artis berusia 22 tahun ini mengalami serangan jantung ketika sedang mengalami proses syuting di salah satu televisi swasta di tanah air.
Mengapa anak muda yang masih berusia belia dapat terkena penyakit jantung? Salah satu alasan yang ditenggarai munculnya penyakit jantung pada anak muda adalah perihal gaya hidup yang tidak sehat di kehidupan sehari-harinya, seperti: makanan junk food, makanan cepat saji, makanan berpengawet, istirahat dan tidur yang kurang, kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol dan lain sebagainya. 

Berikut beberapa pemicu terjadinya serangan jantung di usia muda:
1.  Kegemukan:
Bukan rahasia lagi jika dizaman serba cepat ini, anak muda sekarang dimanjakan oleh fasilitas yang ada. Kurangnya pergerakan/mobilisasi dalam kehidupan sehari-hari menyumbang terhadap kenaikan berat badan. Selain itu pola makan yang salah, seperti lebih memilih makanan cepat saji yang kaya akan lemak dan kolesterol tinggi menambah kegemukan di usia muda.

2.  Tekanan darah tinggi:
Bukan hal yang mengejutkan lagi jika anak remaja sudah terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini beralasan dengan komsumsi makanan yang tidak sehat menjadikan tekanan darah anak muda zaman sekarang menjadi lebih tinggi jika dibandingkan generasi sebelumnya.
3.  Keturunan:
Seorang anak yang dilahirkan dari kedua orang tua yang pernah mengalami serangan jantung berpeluang besar untuk mengalami hal yang sama dengan orang tuanya. Baca juga;Apakah Penyakit Jantung Dapat Diturunkan?
4.  Perubahan gaya hidup:
Merokok dan minuman alkohol bukan hal yang dianggap tabu lagi untuk dikomsumsi remaja masa kini. Dimana kedua barang yang merusak kesehatan ini dianggap sebagai sesuatu yang di dewakan untuk dinikmati dan dikomsumsi. Bahkan ada anggapan tidak keren dan tidak gaul jika tidak mengkomsumsi kedua barang ini. Hal inipun diperparah dengan kebiasaan anak muda sekarang yang betah berlama-lama duduk tanpa melakukan aktivitas karena sibuk dengan gadget kesayangannya. Yang mana hal ini akan menambah peningkatan serangan jantung pada anak muda.

Itulah keempat pemicu serangan jantung pada anak muda. Lalu, bagaimana caranya agar terhindar dari serangan jantung ini? Caranya adalah dengan mengatur pola makan anda menjadi lebih sehat, rutin berolah raga minimal tiga kali dalam seminggu, menghentikan kebiasaan buruk seperti: merokok dan minum alkohol, menjaga berat badan tetap ideal serta mengontrol stres anda. Baca Juga: Apa Yang dapat Dilakukan Untuk Mengurangi Gagal Jantung?

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Faktor Pemicu Serangan Jantung Pada Anak Muda"