11 Langkah Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dan Meningkatkan Kolesterol Baik Didalam Tubuh

Bagaimana caranya menurunkan kolesterol jahat di tubuh kita? sebenarnya, ada berbagai cara dalam menurunkan kadar LDL (Kolesterol Jahat) dalam tubuh, cara yang paling ampuh adalah: menerapkan pola hidup sehat: bisa dengan memilih menu yang sehat dan rutin berolah raga.
Seperti kita ketahui, dalam tubuh kita bukan hanya ada kolesterol jahat, tapi ada juga kolesterol baik dalam tubuh kita. Dimana kolesterol baik atau HDL berguna untuk pengembangan hormon,  menghapus kolesterol jahat dari tubuh, dll. sedangkan kolesterol jahat atau LDL lebih sering menyumbat aliran darah dikarenakan menumpuk di pembuluh arteri koroner. Baca Juga : 6 Cara Mudah Memperlancar Sirkulasi Pembuluh Darah Jantung

Itulah sebabnya dengan tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita menyebabkan aliran darah menuju ke jantung tidak lancar, sehingga jantung kekurangan nutrisi dikarenakan kurangnya darah yang kaya akan oksigen memasuki jantung. Hal ini menyebabkan jantung harus bekerja ekstra keras untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memompakan darah lebih cepat dari biasanya.

Tapi lama kelamaan, jika hal itu terus dilakukan (memompa lebih cepat) menyebabkan jantung ‘kepayahan’ yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan kegagalan jantung. Dari sini bisa timbul gejala nyeri dada, sesak napas bahkan serangan jantung yang mematikan.
Lalu, apa yang mesti dilakukan untuk mengontrol peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh? Selain menurunkan kolesterol jahat, hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Karena apabila kolesterol baik dalam tubuh meningkat, maka kolesterol jahat akan ‘dilibas’ oleh kolesterol baik.
Bagaimana caranya menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik dalam tubuh? Berikut cara mudah dan praktis dalam menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Yang mana bahan ini sangat mudah ditemukan dirumah:
1.  Ambil segelas susu. Tambahkan satu siung bawang putih. Minum ramuan ini untuk satu atau dua hari untuk mengurangi rasa sakit jantung serta untuk mengurangi kolesterol.
2.  Biasakan makan satu siung bawang putih setiap pagi. Prosedur ini memakan waktu, tetapi sangat efisien dalam mengurangi kadar kolesterol.
3.  Memakan buah kering seperti almond dan kenari setiap hari.
4.  Tambahkan air dari setengah lemon dan satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat. Minum ini untuk membantu mengurangi kolesterol.
5.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan rutin (olahraga) membantu mengurangi kadar kolesterol. Dua setengah jam latihan setiap minggu baik bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.
6.  Minum air yang teratur. Air membantu untuk mengeluarkan racun dan zat yang tidak diinginkan dari tubuh.
7.  Hindari mengkonsumsi es krim, cokelat, daging merah, produk susu kerbau, minyak kacang tanah, gorengan dan junk food.
8.  Makan kedelai dan produk kedelai bersama dengan buah-buahan berdaun hijau dan sayuran.
9.  Makan ikan secara teratur. Ikan kaya akan asam lemak omega-3. Hal ini sehat untuk jantung.
10.  Mengurangi asupan mentega dan bukannya meningkatkan konsumsi minyak zaitun.

11.  Terakhir, hilangkan stres dalam hidup Anda. Bermeditasi, pergi untuk berjalan-jalan, menghabiskan waktu sendirian dan mengurus diri sendiri. hal ini membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Baca Juga: Tanda Dan Gejala Adanya Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Langkah Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dan Meningkatkan Kolesterol Baik Didalam Tubuh"

Posting Komentar