Berkenalan Dengan Kolesterol Jahat (LDL) Dan Kolesterol Baik (HDL) Didalam Tubuh

Seringkali orang menganggap bahwa kolesterol adalah sesuatu yang berbahaya bagi tubuh padahal faktanya tidak demikian. Perlu diketahui kolesterol itu ada dua jenis ada yang baik dan ada yang buruk, seperti halnya manusia yang memiliki sifat baik dan buruk. Jika kolesterol jahat disebut dengan low density lipoprotein (LDL) maka kolesterol baik disebut dengan high density lipoprotein (HDL).
Mengapa disebut kolesterol baik dan kolesterol jahat? Sebenarnya ini melihat dari fungsi atau kegunaan dari kolesterol itu sendiri bagi tubuh. Jika kolesterol jahat (LDL) mengedarkan kolesterol ke seluruh tubuh, maka kolesterol baik (HDL) justru kebaliknya, dimana kolesterol baik justru membawa keluar kolesterol dari aliran darah. Baca Juga: Tanda Dan Gejala Yang Aneh Ini Bisa Jadi Pertanda Serangan Jantung Pada Wanita

Karena fungsinya tadilah, Kolesterol baik bermanfaat buat tubuh, seperti: digunakan tubuh untuk melindungi saraf, membuat jaringan sel, dan memproduksi hormon-hormon. Sedangkan kolesterol jahat (LDL) justru berhubungan erat dengan terjadinya aterosklerosis atau penyempitan  pembuluh darah. Dimana aterosklerosis terjadi karena kelebihan kolesterol, fibrin, lipid (lemak) dan kalsium yang akhirnya terdeposit (tertumpuk) pada pembuluh darah terutama arteri koroner, yang membentuk area plak yang disebut aterema.

Nah, plak inilah yang akan mempersempit pembuluh darah  dan mengurangi aliran darah. Dengan tersumbatnya aliran darah akan membuat timbul berbagai penyakit, diantaranya: penyakit kariovaskuler (jantung) maupun penyakit stroke.
Lalu, apa yang menyebakan peningkatan kadar kolesterol jahat ini? Dan apa pula yang menyebabkan peningkatan kolesterol baik? Faktor yang diyakini meningkatkan kadar kolesterol jahat adalah: pola makan yang tidak sehat, seperti: makanan cepat saji, makanan berlemak, dll, lalu kurangnya aktivitas atau kurangnya olahraga, stres secara berlebihan, merokok maupun meminun-minuman beralkohol, serta faktor keturunan juga memengang peranan penting akan timbulnya peningkatan kadar kolesterol tinggi ini.

Sedangkan kolesterol baik mengalami peningkatan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah: orang yang vegetarian (memakan sayuran dan buah-buahan), rutin berolahraga, mampu mengatasi stres, dan menerapkan hidup sehat seperti tidak merokok dan meminum-minum alkohol. Baca Juga: 11 Langkah Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dan Meningkatkan Kolesterol Baik Didalam Tubuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkenalan Dengan Kolesterol Jahat (LDL) Dan Kolesterol Baik (HDL) Didalam Tubuh"

Posting Komentar