Perbedaan Iskemik Dengan Infark Pada Gambar EKG Jantung

Apa perbedaan dari Iskemik dengan infark? Demikianlah pertanyaan yang muncul ketika seseorang dihadapkan pada gambaran ST (elevasi maupun depresi) pada lembaran EKG. Bagi yang sudah memahami dasar-dasar pembacaan gelombang P, Q, R, S, T  pasti akan mudah menjawabnya, tapi bagi yang masih buta akan susah untuk menjawabnya (Silahkan baca materi tentang cara mudah baca EKG).
Sebelum memasuki hal yang lebih dalam, marilah terlebih dahulu kita memahami apa itu infark? Apa itu iskemia? Jadi pengertian dari iskemia adalah: kurangnya oksigen pada sel jantung, yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah terhambatnya aliran darah menuju arteri koroner. Darah yang kaya akan oksigen akhirnya terhambat atau sedikit yang masuk ke sel jantung sehingga sel pada jantung kekurangan oksigen.

Sedangakan infark adalah kematian jaringan pada bagian jantung akibat dari akumulasi kekurangan oksigen tadi.
Perbedaan selanjutnya terletak pada pembacaan hasil EKG, dikarenakan perjalanan penyakitnya yang berbeda. Dimana pada iskemik terlihat dengan hasil EKG yang menunjukkan depresi (ST menurun) segmen ST, inversi gelombang T atau keduanya.

Sedangkan infark pada pembacaan EKG-nya terlihat adanya gambaran ST elevasi (ST Naik) pada segmen ST. Selain itu juga pada infark biasanya ditemukan adanya gelombang Q patologis. 

Tapi, ketika serangan infark miokard akut (IMA) berakhir, segmen ST akan kembali ke garis isoelektris (normal), dan gelombang T menjadi positif, namun gelombang Q tetap abnormal akibat adanya pembentukan jaringan parut. Baca Juga: Cara Mudah Mendiagnosis Infark Miokard Pada Penderita

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Iskemik Dengan Infark Pada Gambar EKG Jantung"

Posting Komentar