Ingin Terhindar Dari Penyakit Jantung? Terapkan Gaya Hidup Sehat Sekarang Juga!

Gaya hidup sehat dapat menjaga jantung Anda dalam kondisi baik. Apakah Anda tahu bahwa jumlah penderita jantung di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya? Bila Anda memiliki penyakit jantung, maka Anda perlu berhati-hati, karena penyakit ini dapat berubah menjadi penyebab utama kematian.
Namun, jangan jadikan hal itu sebagai hal yang membuat Anda pasrah akan nasib. Anda tetap harus semangat ‘melawan’ penyakit mematikan tersebut.  Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk merawat dan mencegah faktor resiko dari penyakit jantung.
Anda dapat mencegah penyakit jantung dengan cara berkonsentrasi pada aspek-aspek gaya hidup utama seperti makan-makanan sehat, berolahraga dan mengurangi merokok dan alkohol. Baca Juga: 15 Tanda Yang Sering Diabaikan Seorang Penderita Penyakit Jantung

Sebagai otot penting, jantung memberikan nutrisi ke seluruh tubuh, namun untuk menjaga jantung Anda akan tetap sehat dan kuat, dengan diet yang baik dan olahraga. Jika Anda didiagnosis dengan masalah jantung seperti HBP atau kolesterol tinggi, maka itu adalah panggilan ‘bangun’ bagi Anda, agar membuat perubahan gaya hidup ke arah yang positif dan sehat.
Jika Anda mencoba untuk membuat perubahan kecil dalam kebiasaan Anda, maka Anda dapat membuat perbedaan nyata dalam kesehatan Anda dan menghindari penyakit jantung tersebut.

Sebagai manusia, kita dilahirkan dengan kesehatan yang baik dan terserah kepada kita untuk menjaganya atau malah menghancurkannya. Berikut adalah tips untuk menjaga jantung tetap sehat:
1.  Katakan Tidak Untuk Merokok: Merokok adalah penyebab utama yang dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Setiap batang rokok yang Anda hisap akan meningkatkan resiko lebih banyak untuk terkena penyakit jantung. Jika Anda seorang perokok berat, maka saatnya Anda menyingkirkan kebiasaan mengerikan ini.
Cara yang dapat ditempuh untuk menyingkirkan kebiasaan merokok dapat dilakukan secara perlahan, seperti: mengurangi jumlah rokok yang Anda pakai dalam satu hari dan secara bertahap memberhentikan kebiasaan ini.
2.  Olahraga: olehraga secara teratur dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung Anda. Melakukan latihan aerobik akan memastikan jantung sehat, karena membantu dapat mengurangi kemungkinan untuk terkena penyakit jantung. Berolahraga secara teratur dapat membuat otot jantung Anda kuat. Meningkatkan sirkulasi dengan mencegah pembekuan darah, yang merupakan akar penyebab serangan jantung dan stroke.
Jadilah aktif, walaupun pekerjaan Anda duduk di meja sepanjang hari. Menyiasati hal tersebut Anda dapat melakukan latihan pagi (sebelum bekerja) yang rutin di gym. Setiap 25 menit mencoba untuk bangkit dan menggerakkan anggota badan Anda.
Jika Anda harus menghadiri konferensi selama satu jam, maka pastikan untuk berdiri di samping meja Anda untuk beberapa waktu daripada merosot di kursi Anda. Bergerak dan tetap aktif dapat memastikan kesehatan jantung.
3.  Mengkonsumsi makanan berserat: makanan berserat dapat mencegah penyakit jantung. Jika selama ini makanan Anda tidak berubah selama bertahun-tahun, pastikan untuk memperbaiki diet yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran untuk kesehatan jantung Anda. Menambahkan diet kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian memiliki potensi untuk melindungi jantung Anda. Cobalah untuk mengurangi lemak jenuh, karena  akan meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah Anda. Di sisi lain, cobalah untuk menambahkan potongan daging yang lebih sedikit dan produk susu rendah lemak dibandingkan susu utuh atau penuh lemak untuk diet Anda.
4.  Alkohol: Alkohol mempengaruhi setiap organ dalam tubuh Anda. Minum alkohol banyak menimbulkan bahaya kesehatan, seperti: tekanan darah tinggi, obesitas, stroke dan kanker payudara. Jangan pernah lupa bahwa alkohol mengandung kalori, jadi cobalah untuk menguranginya secara perlahan-lahan dan memberhentikan komsumsi alkohol untuk selamanya.
5.  Tidur 8 jam sehari: Tidur sangat penting tidak hanya bagi jantung Anda tetapi penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan juga. Jadi, buatlah prioritas untuk beristirahat atau tidur yang cukup.  Baca Juga: Manfaat Tidur Yang Cukup Untuk Kesehatan Jantung Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Terhindar Dari Penyakit Jantung? Terapkan Gaya Hidup Sehat Sekarang Juga!"

Posting Komentar