Begini Cara Meningkatkan Tekanan Darah Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Kita semua tahu tentang hipertensi yang merupakan tekanan darah tinggi. Tapi jarang kita yang tahu tentang tekanan darah rendah atau biasa disebut dengan hipotensi. Nah, tekanan darah rendah dapat terjadi karena berbagai faktor seperti usia, gangguan tertentu (seperti diabetes, masalah jantung dll), infeksi, kehamilan, dehidrasi, kehilangan darah atau malnutrisi.
Meskipun sering tidak menunjukkan gejala, Anda dapat menduga terkena hipotensi atau tekanan darah rendah, jika Anda mengalami: mual, pusing, depresi, penglihatan kabur, haus, ketidakmampuan untuk fokus dll. Baca juga: Tanda Dan Gejala Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)
Untuk memastikan anda terkena hipotensi atau tidak? Anda dapat memeriksakan tekanan darah Anda ke fasilitas pelayanan kesehatan. Jika Anda memiliki tekanan darah diantara 90 sampai kebawah, maka Anda dikategorikan menderita tekanan darah rendah.

Lalu, apa yang mesti Anda lakukan untuk mengobati hipotensi tersebut? Berikut beberapa tips mengatasi tekanan darah rendah (hipotensi):
1.  Air : Obat pertama untuk tekanan darah rendah adalah air minum. Kadang-kadang tkanan darah rendah bisa dikarenakan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Jika tubuh Anda memiliki cairan yang hilang baik melalui panas atau muntah atau buang air kecil sebaiknya cepatlah minum air. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air.
2.  Mendinginkan tubuh Anda: Kadang-kadang, panas di sekitar Anda dapat menyebabkan tekanan darah Anda rendah. Oleh karena itu cobalah untuk mendinginkan diri Anda segera.Bisa dengan masuk ke tempat banyaknya udara bersirkulasi atau jika tidak memungkinkan, tempelkan es batu di sekitar leher Anda.

3.  Makanan  buah-buahan dan sayuran: Dimana makanan ini banyak mengandung vitamin dan mineral sehingga dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Bahkan, Karena tekanan darah rendah bisa disebabkan kekurangan beberapa mineral dan vitamin.  Vitamin B, Vitamin B9 dan B12 sangat penting untuk mendapatkan tekanan darah yang sehat, seperti: Kubis, brokoli, kembang kol dan makanan yang mengandung asam folat.
4.  Olahraga:  Merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda serta menormalisasi tekanan darah. Pastikan bahwa Anda bekerja secara teratur untuk menjaga tekanan darah dalam kontrol.
5.  Makan Garam: Umumnya, orang-orang dengan tekanan darah tinggi cenderung untuk menjauhi makanan asin. Jadi, ketika Anda memiliki tekanan darah rendah, makan makanan asin merupakan sebuah pilihan.
6.  Kunjungi Dokter: Jika cara di atas tidak bekerja, konsultasikan dengan dokter Anda karena obat-obatan mungkin diperlukan untuk membawa tekanan darah Anda kembali normal. Baca Juga: Makanan Dan Minuma Yang Efektif Mengatasi Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Meningkatkan Tekanan Darah Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)"

Posting Komentar