Wow, Ternyata Anak Pertama Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung!

Anda anak pertama? Waspadalah! Karena penelitian di bawah ini bisa jadi kabar yang buruk.  Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Milan, Italia pada tahun 2011 seperti yang diungkapkan NewScientist.com, Anak pertama atau anak sulung ternyata berisiko tinggi menderita penyakit jantung.
Dari penelitian yang dilakukan pada 348 orang yang sedang berobat jantung, hasilnya 46,7% pasien jantung adalah anak sulung dan angkanya dua kali lipat dibandingkan seluruh populasi. Meski anak sulung dan bukan anak sulung mempunyai faktor resiko sakit jantung, namun ternyata faktor anak tertua yang lebih menentukan.

Mengapa anak sulung lebih berisiko terkena penyakit jantung? Dari penelitian tersebut menduga perbedaan psikososial jadi penyebabnya. Dimana biasanya keluarga terutama orang tua menekan anak pertamanya untuk tampil sempurna, bisa memutuskan sesuatu, selalu jadi pemenang dan agresif. Orang dengan sifat-sifat seperti itu diketahui cenderung terkena gangguan jantung.

Hal ini dilakukan keluarga biasanya dilandasi oleh anggapan anak pertama harus bisa jadi panutan untuk adik-adiknya dan pada anak pertama biasanya orang tua sangat protektif terhadap perkembangan  anak pertama sehingga terkadang dalam pola asuhnya terlalu menuntut kesempurnaan.
Tapi Craig Haslop dari British Heart Foundation menyanggah hubungan sifat di atas dengan stres yang dialami anak sulung. Ia menambahkan kemungkinan besar anak sulung berisiko terkena penyakit jantung dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan hidupnya cenderung terlibat dengan stres.
Bagi Anda yang kebetulan sebagai anak pertama tidak perlu khwatir mengenai hasil penelitian ini. Anda hanya perlu menerapkan pola sehat untuk menghindari penyakit mematikan ini, seperti: istirahat/tidur yang cukup, makan-makanan sehat (buah dan sayur), menghindari stres berlebih, dan rutin melakukan olahraga. Baca juga: Cara Terbaik Dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wow, Ternyata Anak Pertama Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung!"

Posting Komentar