Komsumsi Sayur Dan Buah Agar Terbebas Dari Kolesterol

Anda mempunyai riwayat kolesterol tinggi? Tidak usah risau karena ada beragam cara agar kolesterol Anda luntur seketika. Salah satu cara yang efektif dan terpercaya dalam mengenyahkan kolesterol jahat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti pada buah dan sayur. Dimana ternyata sayur dan buah selain kaya akan vitamin dan mineral juga kaya akan serat yang dapat mengusir kolesterol jahat.
Dimana setiap gram serat yang terkandung di dalam buah dan sayur dapat membantu menurunkan kolesterol. Apalagi bila diasup hingga 25 gram seperti yang dianjurkan. Tapi memang tidak mengkonsumsi buah dan sayur dalam takaran tersebut, itulah sebabnya para ahli bersepakat untuk makan buah dan sayur sebanyak 5-6 porsi setiap harinya.

Lalu bagaimana caranya buah dan sayur dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh? Jadi kandungan serat di dalam buah dan sayur akan membentuk gel di dalam usus yang mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu yang kemudian dibuang melalui feses. Jadi ketika hati kekurangan asam empedu dan kolesterol hasil produksinya maka hati pun terpaksa mengambil kolesterol dari darah. Nah, bila ini terjadi, maka kadar kolesterol akan turun.

Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E serta mineral seng pada buah dan sayur yang bersifat antioksidan mampu mencegah terbentuknya radikal bebas yang merupakan hasil oksidasi lemak. Terjadinya oksidasi lemak akan menaikkan kadar LDL dan merupakan penyebab umum terjadinya sejumlah penyakit degeneratif.
Untuk mengetahui sebuah buah dan sayur yang mengandung antioksidan dapat dilihat  dari warnanya yang terang seperti: warna merah pada tomat, jambu biji merah, dan stroberi. Warna jingga pada wortel dan labu dan warna kuning terang pada mangga dan jagung serta warna ungu pada terong dan anggur.

Tapi ingat, bila Anda mengkonsumsi banyak buah dan sayur imbangi juga dengan minum air mineral minimal 8-10 gelas sehari. Karena kandungan serat pada buah dan sayur dapat mengikat air di dalam saluran cerna. Baca Juga: 11 Langkah Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Di Tubuh Anda

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Komsumsi Sayur Dan Buah Agar Terbebas Dari Kolesterol"

  1. Kalau saya selalu pusing kepala berarti kurang makan apa ya...?

    BalasHapus