Makanan Seafood Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Anda

Mendengar kata seafood pasti terpikirkan betapa banyaknya kolesterol yang terkandung di dalamnya. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk menghindari makanan ini ada baiknya Anda mengetahui fakta-fakta mengenai makanan laut ini. Perlu diketahui para ilmuwan bersepakat bahwa mengkonsumsi satu porsi makanan laut perminggu justru dapat mengurangi risiko serangan jantung hampir sebesar 50%.
Mengapa demikian? Karena makanan seafood seperti: kepiting, kerang, udang dan cumi mengandung vitamin dan mineral seperti halnya salmon. Tidak seperti makanan daging merah, makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Dan patut diingat makanan laut tidak akan berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah.
Berikut ini beberapa makanan laut yang mempunyai manfaat kesehatan bagi kesehatan jantung:

1. Udang
Makanan lezat ini ternyata mengandung vitamin B 12 yang bermanfaat untuk pembelahan sel dan mineral selenium yang memiliki sifat melindungi dan mendukung sistem kekebalan tubuh fungsi tiroid.
2. Cumi
Siapa yang tidak mengenal makanan satu ini. Hampir setiap orang mengidolakannya. Tak salah memang, selain enak ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh. Dimana para ahli mengungkapkan, cumi kaya protein, omega 3, tembaga, seng, vitamin B, dan yodium. Tapi dalam memasaknya sebaiknya jangan digoreng.
3. Kepiting

Ini mungkin makanan seafood terlezat, selain itu juga merupakan makanan yang kaya akan nutrisi penting, seperti: omega 3, protein, selenium, kromium, kalsium, seng dan besi. Dan perlu diketahui kepiting juga memiliki nilai kalori rendah. Tapi yang perlu diperhatikan adalah memasak kepiting jangan terlalu sering, terutama bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol dalam darah yang tinggi.

4. Lobster
Ini makanan seafood yang tergolong mewah, tapi dibalik kemewahannya tersimpan manfaat yang juga mewah. Dimana lobster memiliki kandungan tinggi yodium, selenium, vitamin B, serta rendah kolesterol dan kalori bila dibandingkan dengan daging sapi atau udang kecil. Makanan yang tinggi protein dan rendah lemak serta memiliki vitamin E yang tinggi.
5. Tiram
Seperti halnya makanan seafood lainnya, tiram memiliki kandungan protein yang tinggi, seng, omega 3 dan rendah kolesterol. Selain itu juga mengandung asam amino.
6. Ikan Salmon
Sudah menjadi rahasia umum jika ikan ini mengandung omega 3 yang tinggi yang mana omega 3 merupakan senyawa untuk melawan serangan jantung dan menjaga kesehatan. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa asam lemak juga dapat mengurangi kematian pasien yang memiliki masalah jantung. Baca Juga: Cara Mudah Dan Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Anda

Itulah manfaat sedahsyat makanan seafood bagi kesehatan jantung kita. Tapi yang perlu digaris bawahi adalah mengenai komsumsinya, yaitu jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Seafood Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Anda "

Posting Komentar