Cara Mudah Dan Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol. Menyebut namanya saja orang akan bergidik ngeri. Padahal sejatinya kolesterol bukanlah sesuatu yang menakutkan. Kolesterol diperlukan oleh tubuh dalam berbagai proses metabolisme. Selain fungsi tersebut kolesterol juga sebagai bahan pembentuk dinding sel, untuk membuat vitamin D, penyusunan hormon-hormon steroid dan digunakan sebagi pembuatan asam empedu untuk mengemulsi lemak.
Tapi jika kolesterol jahat atau biasa dikenal dengan LDL (Low density lipoprotein) meninggi pembuluh darah bisa rusak atau dinding pembuluh bisa melemah (arterosklerosis). Kalau tidak diatasi penderita bisa berisiko terkena penyakit jantung koroner atau bisa juga kena stroke!

Apa yang menyebabkan timbulnya kolesterol jahat dan kolesterol baik. pada dasarnya ini hanya mengacu pada fungsinya saja. Disebut kolesterol jahat (LDL) karena LDL membawa kolesterol di dalam plasma darah untuk keperluan pertukaran zat. Tapi sayangnya dalam perjalanannya LDL muah menempel pada dinding pembuluh darah koroner.
Sementara kolesterol baik atau bisa disebut dengan HDL ( high density lipoprotein) berperan menangkap kolesterol bebas dari sel-sel membran yang mati, untuk diangkut kembali ke dalam hati.

Lalu, bagaimana kita mengetahui kadar kolesterol jahat dan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita? Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Yang biasanya menganjurkan penderitanya untuk berpuasa mulai pukul 10 malam (22.00) malam sampai pengambilan darah (jam 08.00 pagi).
Adapun kada kolesterol darah yang normal dapat dilihat di bawah ini:
1.  Kadar Kolesterol:
Dikatakan normal: jika kadar kolesterol < 200 mg/dl
Dikatakan batas tinggi: jika kadar kolesterol 200-239 mg/dl
Dikatakan tinggi/buruk: jika kadar kolesterol ≥ 240 mg/dl
2.  Kadar Kolesterol Jahat (LDL):
Dikatakan dalam rentang normal jika: kadar LDL 100-129 mg/dl
Dikatakan batas tinggi: jika LDL 130-159 mg/dl
Dikatakan buruk/tinggi: jika LDL 160-189 mg/dl
Dikatakan sangat buruk/sangat tinggi: jika LDL ≥ 190 mg/dl
3.  Kadar Kolesterol Baik (HDL):
Dikatakan rendah/buruk: jika HDL kurang dari 40 mg/dl
Dikatakan mengkhawatirkan: jika HDL 41-59 mg/dl
Dikatakan baik/tinggi: jika HDL ≥ 60 mg/dl.
Jika kadar kolesterol jahat (LDL) Anda tinggi dan kadar kolesterol baik (HDL) Anda rendah sebaiknya perbaiki pola hidup Anda sehari-hari. Mulai dari gaya hidup (kurang aktifitas atau kurang olah raga atau bisa juga dengan berhenti merokok dan meminum-minuman beralkohol) sampai perubahan makan (kurangi makanan fast food, junk food, makanan berpengawet, makanan tinggi lemak dan gula. Yang terpenting memakan buah dan sayur mayur).
Sebenarnya ada cara tercepat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, yaitu dengan minum obat. Tapi dokter spesialis jantung biasanya menyarankan sebelum mengkomsumsi obat-obatan, pasti menyarankan untuk mengatur pola makan dan olahraga secara teratur selama enam bulan. Dimana biasanya orang kegemukan harus menurunkan berat badannya terlebih dahulu. Baca Juga: Bahan Alami Penurun Kolesterol Tanpa Obat-obatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Dan Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi"

Posting Komentar