Inilah Faktor-faktor Yang Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung

Apa saja faktor yang memimbulkan penyakit Jantung? Pada dasarnya ada dua faktor sebagai biang keladi timbulnya penyakit jantung. Yang pertama adalah faktor yang tidak bisa dirubah atau dikontrol dan yang kedua adalah yang faktor yang bisa dikontrol atau dirubah.
Berikut adalah Faktor-faktor yang dapat menimbulkan penyakit jantung:
1.  Faktor yang tidak dapat dikontrol atau di ubah:
a.    Umur: penampilan fisik mungkin dapat dirubah, tapi umur seseorang akan tetap berjalan seiring waktu. Perlu diketahui timbulnya penyakit jantung biasanya seiring bertambahnya usia, seperti yang dilansir Asosiasi Jantung Amerika (AHA), hampir 73% wanita yang pernah mengalami serangan jantung berusia 65 tahun atau lebih. Dimana hanya 27% yang berumur 45-64 tahun. Sementara amat sedikit yang berumur 29 – 44 tahun.

b.    Keturunan: Kita tentu tidak bisa menghendaki dilahirkan dari siapa. Tapi, bila salah satu atau kedua orangtua Anda menderita penyakit jantung kemungkinan besar Anda juga berpotensi besar untuk terkena penyakit jantung. Jika orang tua Anda terkena serangan jantung fatal di bawah usia 61 tahun, kemungkinan yang sama bisa Anda alami 5x lebih besar daripada orang normal. Tapi, jika bukan serangan fatal, kemungkinan Anda untuk terkena serangan jantung berkisar 2,8 kali daripada orang normal.
2.  Faktor yang bisa dikontrol atau di ubah:
a.    Tekanan darah tinggi: Ini salah satu faktor yang bisa dikontrol dan di ubah. Walaupun tekanan darah tinggi dapat menimbulkan resiko 3 sampai 5 kali seseorang untuk terkena serangan jantung, tapi hal ini dapat di ubah. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan berolahraga secara rutin, makanan sehat dan mengurangi makanan bersodium dan mengandung alkohol.

b.    Kegemukan: ini salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Karena dengan kegemukan secara otomatis biasanya akan meningkatkan kadar kolesterol dan menimbulkan penyakit lain, seperti kencing manis. Oleh sebab itu untuk mencegah penyakit jantung Anda dapat mengubah kegemukan Anda dengan makanan-makanan sehat serta rutin berolahraga.
c.    Rokok: bukan satu dua orang yang bisa berhenti merokok, tentu hal ini juga berlaku bagi Anda yang beralasan susah untuk berhenti merokok. Yang [erlu Anda ketahui, ternyata 1 – 4 batang rokok yang diisap dalam sehari saja mampu melipatduakan resiko terkena serangan jantung!
d.    Kolesterol tinggi: Biasanya kadar kolesterol tinggi berasal dari komsumsi makanan. Yang ditakutkan dari kolesterol tinggi ini adalah kemampuannya merusak dinding pembuluh darah. Baca Juga: Menghindari Penyakit Jantung Boleh Kok Makan Makanan Yang Digoreng, Asal ...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Faktor-faktor Yang Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung"

Posting Komentar