Lima Fakta Yang Mesti Anda Ketahui Tentang Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung koroner atau biasa disingkat dengan PJK merupakan salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Penderitanya semakin tahun semakin meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat, dimulai dengan pola makan yang tidak sehat, kebiasaan hidup yang buruk (merokok, minum-minuman keras, bergadang) hingga kurangnya aktifitas atau olahraga.
Seiring meningkatnya kasus penyakit jantung koroner ini, semakin banyak juga mitos yang berkembang di masyarakat. Agar tidak tersesat akan mitos yang tidak berdasar, kali ini kami akan menguraikan lima fakta seputar penyakit jantung koroner:
1.  Benarkah jika berat badan normal (tidak gemuk) maka kita terbebas dari Penyakit Jantung Koroner (PJK):
Faktanya: orang dengan berat badan rendah atau kurus bisa terkena penyakit mematikan ini. Malah banyak orang yang mengalami serangan jantung  dengan berat badan yang tidak gemuk (kurus).

2.  Benarkah lingkar pinggang bisa mendeteksi PJK?
Faktanya: Ya, sebagai patokan, pinggang yang berukuran 90 cm merupakan tanda bahaya bagi pria, sedangkan untuk perempuan risiko itu meningkat bila lingkar pinggangnya berukuran 80 cm.

3.  Benarkah gangguan gusi menambah resiko penyakit jantung?
Faktanya: benar. Hal ini berdasarkan sejumlah penelitian yang menunjukkan mereka yang mengalami gangguan gusi berisiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena saat mengunyah makanan ada bakteri yang masuk ke aliran darah dan mengakibatkan terjadinya peradangan.Nah, perubahan sistem sirkulasi ini meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner.
4.  Serangan jantung hanya disebabkan oleh pembuluh darah tersumbat:
Faktanya: serangan jantung tidak hanya disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat. Serangan jantung juga dapat terjadi karena reaksi kimia dan proses peradangan yang mengkibatkan terbentuknya plak yang menempel di dinding pembuluh darah jantung.
5.  PJK hanya diderita oleh orang yang berusia tua:

Faktanya tidak demikian. Orang yang berusia muda juga bisa terkena penyakit PJK apabila tidak memperhatikan pola hidup sehat, makan tinggi lemak jenuh, merokok dan jarang melakukan olahraga. Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Penyakit Gagal Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Fakta Yang Mesti Anda Ketahui Tentang Penyakit Jantung Koroner"

Posting Komentar