Jenis Minyak Goreng Yang Baik Dikomsumsi Untuk Kesehatan Jantung Anda

Minyak goreng yang aman untuk kesehatan jantung – Kita tentu tidak asing dengan banyaknya iklan minyak goreng yang menyatakan bahwa produk mereka sangat baik untuk kesehatan jantung. Lalu, jenis minyak goreng seperti apa yang aman untuk kesehatan jantung kita?
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita kenali dulu macam-macam minyak goreng yang ada di pasaran:
Pada dasarnya minyak goreng terbagi menjadi dua: minyak goreng jenuh dan minyak goreng tak jenuh. Dan minyak goreng tak jenuh dibagi lagi menjadi dua, yaitu: minyak goreng tak jenuh tunggal dan minyak goreng tak jenuh ganda.
Adapun contoh minyak goreng jenuh terdapat pada minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Minyak goreng tak jenuh tunggal terdapat pada: Minyak kacang tanah dan minyak Zaitun. Adapun minyak goreng tak jenuh ganda terdapat pada: minyak jagung, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, dan minyak biji kapas.

Lalu, minyak apa yang baik untuk kesehatan utamanya buat jantung kita?
Jika kita menggoreng makanan menggunakan minyak jenuh (contohnya minyak kelapa) maka kadar kolesterol dan kadar trigliserida akan naik. Mengapa? Karena minyak jenuh mampu menaikkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

Sedangkan jika kita menggunakan minyak tak jenuh tunggal maka ia akan bersifat netral. Maksudnya minyak ini hampir tidak mempengaruhi konsentrasi kolesterol maupun trigliserida darah. Kalaupun naik, peningkatannya hanya sedikit. Begitu juga kalau turun, pasti kadarnya juga tidak terlalu banyak.
Dan jika kita menggunakan minyak tak jenuh ganda, maka akan mampu memerangi tingginya kadar trigliserida dan kolesterol darah. Makanya jangan heran kalau minyak ini disebut minyak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.
Tapi, jangan berpikir kalau minyak jenuh tidak baik untuk kesehatan. Mengapa? Karena walaupun menaikkan kadar kolesterol dan Trigliserida tapi di dalam minyak jenuh ini terkandung provitamin A yang sangat tinggi (sampai 60.000 SI dalam 100 g minyak) artinya minyak ini dapat membuat kulit Anda mulus, rambut Anda subur dan seperti Anda ketahui vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata kita. Hal sebaliknya terjadi pada minyak tak jenuh ganda yang tidak memiliki kandungan vitamin A.
Dan yang perlu Anda perhatikan agar minyak goreng Anda baik untuk kesehatan jantung Anda adalah cara penggunaannya. Mengapa? Karena walaupun minyak goreng yang Anda pakai adalah minyak goreng tak jenuh ganda tapi bila cara memakainya dengan dipanasi kelewat tinggi akan mengingkatkan kejenuhannya. Dalam artian minyak goreng yang semula tak jenuh dapat berubah menjadi minyak goreng jenuh. Dan bila yang Anda gunakan adalah minyak goreng jenuh maka akan bertambah kejenuhannya lagi!
Selain itu pemakaian minyak goreng yang berulang-ulang juga bisa meningkatkan kejenuhan minyak goreng tadi. Jadi ada baiknya menggunakan minyak goreng yang baru, kalaupun terpaksa memakai yang lama maksimal empat kali penggorengan makanan.

Dan patut diingat juga jangan sekali-kali mencampur minyak goreng yang lama dengan yang baru. Mengapa? Karena jika Anda mencampur minyak goreng jelantah dengan minyak yang baru maka Anda sama saja menulari kejenuhan minyak goreng yang lama ke minyak goreng yang baru yang tentu saja sangat berbahaya untuk kesehtan jantung Anda. Baca Juga: Berapa Kali Batas Pemakaian Minyak Goreng Untuk Dikonsumsi?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Minyak Goreng Yang Baik Dikomsumsi Untuk Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar