Peran Omega 3 Terhadap Kesehatan Jantung Anda

Sebagian besar dari kita tahu bahwa omega 3 baik untuk kesehatan. Tapi, ketika ditanya apa omega 3 itu sebenarnya? Maka akan banyak yang menggelengkan kepala. Omega 3  adalah asam polyunsaturated (asam lemak baik) yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh, seperti: otak, jantung dan sejumlah organ tubuh lainnya.
Berbicara masalah kesehatan jantung, omega 3 ini sangat dibutuhkan. Dimana asam lemak omega 3 berperan penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 50% dan menekan kolesterol jahat (LDL). Dengan kemampuan tersebut, secara langsung omega 3 dapat mengurangi resiko aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) yang menyebabkan penyakit jantung koroner maupun stroke.

Tapi, sayangnya dengan beragam manfaat tersebut omega 3 tidak dapat diproduksi tubuh. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 ini kita harus mengkomsumsi makanan yang mengandung omega 3.

Apa saja makanan yang mengandung omega 3? Berikut daftar makanan yang mengandung omega 3:
1.  Ikan: seperti pada ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung maupun ikan tenggiri.
2.  Binatang berkulit keras: seperti: kepiting, kerang maupun udang
3.  Kacang-kacangan dan biji-bijian
4.  Sayuran: labu, brokoli, maupun bayam.
5.  Buah-buahan: pepaya maupun labu
6.  Minyak ikan

Pada orang yang berusia setengah baya dan wanita menopause, komsumsi omega 3 (komsumsi ikan) ini sangat penting karena pencegahannya terhadap penyakit jantung. Sedangkan pada penderita penyakit jantung koroner, sebaiknya tidak hanya mengandalkan komsumsi ikan sebagai satu-satunya sumber omega 3.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Omega 3 Terhadap Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar