Tujuh Buah Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Kadar kolesterol tinggi dan penyakit jantung koroner (PJK) merupakan hal yang menakutkan bagi masyarakat. Bagaimana tidak, penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang ‘sukses’ membunuh ribuan bahkan jutaan masyarakat dunia setiap tahunnya. Maka tidak salah jika penyakit ini menduduki urutan pertama penyebab kematian!
Untuk menggempur penyakit mematikan ini kita dianjurkan untuk mengkomsumsi makanan yang kaya akan antioksidan alami, serat makanan, dan senyawa penting lainnya. Makanan yang mengandung itu semua terdapat pada makanan yang biasa kita temukan sehari-hari, yakni pada beberapa jenis buah-buahan, sayur-sayuran, bebijian serta tanaman herbal.
Pada kesempatan ini kami akan bagikan buah-buahan yang berkhasiat dalam melawan kolesterol dan mencegah timbulnya Penyakit Jantung Koroner:
1.  Pisang:
Anda tentu tidak asing dengan buah satu ini. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, buah ini juga berharga terjangkau. Ternyata dibalik ‘kesederhanaannya’ tersebut, pisang mengandung kadar kalium yang merupakan mineral penting agar tekanan darah tetap normal dan berperan dalam fungsi pompa serta denyut jantung.

Selain itu pisang juga mengandung magnesium yang dapat melebarkan pembuluh darah perifer, mencegah kram atau spasme pembuluh darah sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Archives of Internal Medicine, mereka yang rutin mengkomsumsi pisang dapat mengurangi terjadinya serangan jantung koroner dan stroke.
2.  Apel:
Menurut penelitian Kohort di Amerika Serikat, setiap 10 g serat apel dari satu buah apel dapat menurunkan resiko PJK sampai 30%!

Hal ini dilandasi dengan kandungan apel, yang mana apel kaya akan serat, karoten, pektin, fitokimia dan flavonoid.
3.  Alvokad:
Buah lezat ini banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan. Yang mana kita tahu sendiri antioksidan baik untuk mencegah serangan jantung.
Selain itu alvokad juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Tentu saja dengan keadaan tersebut dapat menekan resiko stroke dan serangan jantung.
4.  Jeruk Lemon:
Sama halnya dengan alvokad, jeruk lemon juga ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.
5.  Anggur:
Terutama anggur merah terkenal sebagai antioksidan yang mampu membantu memperlancar aliran darah, mencegah reaksi oksidasi kolesterol jahat, serta mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah.
6.  Sawo:
Sawo masuk ke dalam buah yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Kandungan kalium dan natriumnya yang mencapai 16:1 menjadikannya sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
7.  Sirsak:
Buah satu ini memang memiliki manfaat yang luar biasa buat kesehatan tubuh kita terutama organ jantung kita. Hal ini dikarenakan jantung mengandung kalium, vitamin A, B, C yang memang baik untuk menutrisi jantung. Baca Juga: Tujuh Sayuran Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Dan Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuh Buah Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh"

Posting Komentar