Tujuh Sayuran Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Dan Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Sayuran apa yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung koroner (PJK)? Ya, seperti kita ketahui sayuran mempunyai beragam khasiat bagi tubuh manusia. Tidak terkecuali, khasiatnya sebagi penurun kolesterol dan mencegah datangnya penyakit jantung koroner.
Berikut daftar sayuran yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dan mampu mencegah timbulnya penyakit jantung koroner:
1.  Bayam:
Siapa yang tidak mengenal sayuran hijau satu ini? Rasanya yang lezat serta harganya yang terjangkau menjadikan bayam pilihan populer bagi masyarakat Indonesia. Bukan rahasia lagi sayuran bayam ini memiliki beragam khasiat karena kaya folat, lutein, potasium dan serat.
Kehebatan bayam terhadap kesehatan jantung adalah dapat menjaga jantung dalam kondisi terbaik dan berfungsi optimal. Hal ini terbukti dari sejumlah penelitian dimana mereka yang mengkomsumsi sayuran (2,5 porsi) setiap harinya, resiko penyakit jantung berkurang hingga 25% dibandingkan yang tidak mengkomsumsi sayuran.

2.  Asparagus:
Kaya akan saponin, senyawa fitokimia sebagai antioksidan sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat darah. Jika kolesterol jahat terkontrol maka resiko terjadinya penyumbatan akan berkurang sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung koroner.

3.  Terong:
Siapa sangka makanan ini sangat baik untuk kesehatan jantung kita. dimana menurut penelitian, terong bisa meniadakan atau menetralkan kerusakan pembuluh darah arteri. Dengan kata lain, ia dapat mengatasi arterosklerosis (gangguan akibat timbunan lemak dan kolesterol).
4.  Wortel:
Selain baik untuk kesehatan mata ternyata wortel juga baik untuk kesehatan jantung Anda. beta karoten yang terkandung di dalamnya merupakan zat antikolesterol.
5.  Jagung:
Makanan yang mudah dijumpai dimana-mana ini juga memiliki banyak khasiat untuk jantung Anda. kandungan kalium, thiamin dan fosfor berkhasiat antikolesterol.
6.  Buncis:
Sayuran nikmat ini juga tidak kalah hebatnya. Dimana buncis kaya akan serat, omega-3, dan kalium. Sehingga dengan kandungan tersebut, buncis dapat menyehatkan jantung Anda.
7.  Kecipir:

Jangan remehkan bentuknya yang kecil nan mungil, ternyata kandungan di dalam tubuhnya yang kecil tersebut tersimpan kehebatan yang baik untuk kesehatan jantung kita. Dimana di dalam kecipir terkandung tocopherol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah serangan jantung. Baca Juga: Tujuh Buah Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuh Sayuran Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Dan Mencegah Penyakit Jantung Koroner"

Posting Komentar