Mengenal Sandapan I, II, III, AVL, AVR, Dan AVF

Pada gambar EKG sering kita lihat I, II, III, AVF, AVL, AVR, V1, V2, V3, V4, V5 dan V6. Lalu apa maksud tulisan tersebut? Dimana letak I? Dimana letak II, dimana letak III? Dimana letak AVF? Dimana letak AVL? Dimana letak AVR? Dimana letak V1? Sampai letak V6?
Baiklah untuk menjawab pertanyaan di atas mari kita bahas terlebih dahulu apa itu lead/sandapan I, lead sandapan II dan lead sandapan III.
1.  Sandapan atau lead I:
Jadi sandapan I adalah sandapan atau lead yang merekam beda potensial antara tangan kanan (RA) dengan tangan kiri (LA). Dimana tangan kanan bermuatan negatif (-) dan tangan kiri bermuatan positif (+).
Jadi lead atau sandapan I adalah hubungan antara RA dan LA
2.  Sandapan II
Sandapan atau lead II adalah sandapan merekam beda potensial antara tangan kanan (RA) dengan kaki kiri (LF). Dimana tangan kanan bermuatan negatif (-) dan kaki kiri bermuatan positif (+).
Jadi lead atau sandapan II adalah hubungan antara RA dan LF

3.  Sandapan III
Sandapan atau lead III adalah sandapan merekam beda potensial antara tangan kiri (LA) dengan kaki kiri (LF). Dimana tangan kiri bermuatan negatif (-) dan kaki kiri bermuatan positif (+).
Jadi lead atau sandapan III adalah hubungan antara LA dan LF
Ketiga sandapan ini dapat digambarkan sebagai sebuah segi tiga sama sisi yang lazim disebut segitiga EINTHOVEN.

Adapun lead atau sandapan AVF, AVL dan AVR adalah masuk sandapan unipolar ekstremitas. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
1.  Sandapan atau lead AVR:
Merekam potensial listrik pada tangan kanan (RA). Dimana tangan kanan bermuatan positif (+), tangan kiri dan kaki kiri membentuk elektroda indiferen.
Jadi sandapan atau lead AVR adalah: I + II (dapat dilihat di gambar).
2.  Sandapan atau lead AVL:
Merekam potensial listrik pada tangan kiri (LA). Dimana tangan kiri bermuatan positif (+), tangan kanan dan kaki kiri membentuk elektroda indiferen.
Jadi sandapan atau lead AVL adalah: I + III (dapat dilihat di gambar).
3.  Sandapan atau lead AVF:
Merekam potensial listrik pada kaki kiri (LF). Dimana kaki kiri bermuatan positif (+), tangan kanan dan tangan kiri membentuk elektroda indiferen.
Dan terakhir lead atau sandapan V1, V2, V3, V4, V5 dan V6 adalah Sandapan unipolar prekordial. Adapun penjelasannya di bawah ini:
1.  V1: letaknya di ruang interkostal IV garis sternal kanan
2.  V2: letaknya di ruang interkostal IV garis sternal kiri
3.  V3: letaknya pertengahan antara V2 dan V4
4.  V4: letaknya interkostal V garis midklavikula kiri
5.  V5: letaknya sejajar V4 garis aksila depan

6.  V6: letaknya sejajar V5 garis aksila tengah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Sandapan I, II, III, AVL, AVR, Dan AVF"

Posting Komentar