Dua Penyebab Utama Timbulnya Penyakit Jantung

Penyakit jantung siapa yang tidak bergidik ngeri membayangkannya? Penyakit ini sangat efektif dalam melumpuhkan korbannya. Maka tidak salah jika penyakit ini sering disebut sebagai penyakit silent killer atau penyakit yang membunuh secara diam-diam. Tidak disadari bersarang di tubuh, tahu-tahu langsung ‘plek’ jatuh tidak berdaya!
Apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit jantung ini? pada dasarnya ada dua sebab jantung bisa terserang. Berikut dua penyebab penyakit jantung yang layak Anda ketahui:
1.  Akibat tersumbatnya pembuluh darah koroner: ini penyebab tersering mengapa jantung bisa terserang. Bayangkan saja jika pipa di rumah Anda tersumbat, otomatis air yang mengalir ke bak rumah Anda akan sedikit. Begitu juga dengan jantung, jika ada sumbatan pembuluh darah maka pasokan makan atau nutrisi ke jantung akan berkurang atau terhenti sama sekali jika sumbatannya full.

Jika sumber makanan kurang atau terhenti sama sekali ke jantung, maka lama kelamaan otot jantung akan ‘menjerit’ yang kemudian rusak. Lalu jaringan jantung akan mati. Nah, gangguan otot jantung yang menjadi mati inilah yang mencetuskan serangan jantung koroner.

Lalu, apa yang menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah jantung? Adapun penyebab dari sumbatan pembuluh darah jantung  adalah kadar kolesterol yang tinggi. Dimana dengan kadar kolesterol yang tinggi maka akan menjadi plak yang bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit karena plak ini akan menempel pada pembuluh darah dan akan menempel sangat erat apabila terjadi reaksi kimia. Baca Juga: Cara Mudah Dan Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi
2.  Hipertensi: tekanan darah tinggi dapat membuat jantung lemah. Dimana jika tekanan darah tinggi berlangsung lama atau berkepanjangan maka lama kelamaan jantung akan membengkak. Jika pada kasus tersumbatnya pembuluh darah akan menyebabkan pasokan ‘makanan’ ke jantung berkurang, maka hipertensi akan dapat  menyebabkan jantung tidak dapat lagi memompa darah secara baik dan efesien.

Mengapa pada hipertensi atau tekanan darah tinggi susah untuk memompa darah secara baik? jika berlangsung terus menerus, hipertensi yang selama ini ‘memaksa’ jantung memompa lebih giat dari normalnya akan membuat otot jantung kian bertambah lebar atau bertambah besar. Dengan lebar atau melarnya otot jantung akan menyebabkan otot jantung ‘menyerah’ tidak kuat lagi memompakan darah yang dikandungnya. Pada saat inilah gagal jantung atau decompensatio cordis terjadi. Baca Juga: Tips Diet Untuk Penderita Hipertensi Yang Terbukti Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Penyebab Utama Timbulnya Penyakit Jantung"

Posting Komentar