Tujuh Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Tekanan Darah Anda

Jika Anda adalah seseorang yang menderita hipertensi, maka Anda harus rutin memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur untuk mencegah datangnya komplikasi kesehatan yang serius seperti penyakit stroke bahkan penyakit jantung. Untuk itu Anda harus tahu bahwa ada faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi tekanan darah Anda.
Tekanan darah dapat didefinisikan sebagai tekanan darah yang beredar di tubuh Anda, terhadap dinding pembuluh darah.
Tekanan darah merupakan salah satu parameter yang paling penting untuk mendiagnosa penyakit tertentu, bersama dengan suhu tubuh, tingkat pernapasan, detak jantung, dll. Dimana hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah beredar terhadap dinding pembuluh darah sangat tinggi. Hipertensi dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti kolesterol tinggi, obesitas, stres, dll hipertensi bisa sangat merusak dan bahkan dapat menyebabkan gagal jantung! Jadi, berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah Anda:

Faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan darah ketika dilakukan pemeriksaan tekanan darah:
1.  Posisi: pada saat Anda di tensi (diukur tekanan darah) akan sangat mempengaruhi pembacaan tekanan darah. Tentu akan berbeda pembacaan tekanan darah jika Anda berbaring, duduk maupun berdiri. Hal ini dikarenakan  di posisi yang berbeda dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Jadi bila Anda ingin diukur tekanan darah berbaring, tapi bila Anda sanggup untuk duduk ada baiknya Anda duduk tegak, dengan kaki Anda bertumpu pada permukaan padat.

2.  Posisi lengan: Jika Anda ingin mendapatkan hasil tekanan darah yang akurat, lengan Anda harus dipegang lurus, di depan Anda dan tidak menggantung di udara.
3.  Kandung kemih: Kandung kemih penuh kadang-kadang bisa menunjukkan angka tekanan darah menjadi sangat tinggi dan tidak akurat, jadi pastikan bahwa Anda mengosongkan kandung kemih Anda sebelum tekanan darah Anda diuji.
4.  Merokok: Merokok sebelum pemeriksaan tekanan darah juga dapat memberikan pembacaan yang tidak akurat. Hal ini dikarenakan merokok dapat meningkatkan spasme arteri, menyebabkan tekanan darah tinggi untuk sementara waktu.
5.  Makanan Asin: Jika Anda telah mengkonsumsi makanan tinggi garam hanya beberapa jam sebelum tes tekanan darah, maka pembacaan tekanan darah bisa menjadi tidak akurat, karena garam mengangkat tekanan darah sementara.
6.  Hidrasi: Jika Anda mengalami dehidrasi, tekanan darah dapat diturunkan sementara, sehingga pembacaan akan tidak akurat. Jadi, minum banyak air sebelum diperiksa tekanan darah Anda.
7.  Manset tekanan darah: Jika manset tekanan darah yang melekat pada tangan Anda terlalu longgar atau terlalu ketat, maka hasil yang didapatkan pada pembacaan tekanan darah bisa memberikan pembacaan yang tidak akurat, sehingga biasanya perawat atau dokter harus memastikan bahwa mansetnya terpasang dengan benar. Baca Juga: Seseorang Yang Emosional Dan Tempramental Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuh Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Tekanan Darah Anda"

Posting Komentar