Cara Mengetahui Adanya RBBB Dan LBBB Pada Pembacaan EKG

Apa itu RBBB? Apa itu LBBB? Pada pembacaan hasil EKG? Sering kita dengar kata RBBB maupun LBBB ketika kita seseorang melihat EKG. Bagi kita yang tidak mengetahuinya, kita akan bingung apa itu RBBB dan apa itu LBBB?
Jadi RBBB itu sendiri merupakan kependekan dari right bundle branch block atau blok cabang berkas kanan, sedangkan LBBB adalah singkatan dari left bundle branch block atau blok cabang berkas kiri.
Lalu bagaimana cara membaca adanya RBBB dan LBBB pada pembacaan EKG? sebenarnya caranya tidak terlalu sukar, pada RBBB: jika kita perhatikan dengan seksama maka akan tampak gambaran M shape (Mengapa disebut M Shape? Karena gambaran gelombangnya hampir mirip dengan huruf M) atau juga biasa disebut dengan rSR’. 

Bagi Anda yang penasaran bagaimana gambaran M Shape dapat melihat gambarnya di bawah ini:

Nah, pada RBBB gambaran M shapenya terlihat di prekodial kanan (V1-V2). Selain itu jika kita melihat gelombang S pada EKG, maka akan terlihat gelombang S lebar dan dalam di sandapan prekordial kiri (V4-V6, I dan AVL). Kompleks QRS biasanya 0,12 detik atau lebih. Sumbu QRS normal, tetapi kadang-kadang sulit ditentukan. Gelombang T akan terbalik di sandapan prekordial kanan.
Sedangkan LBBB: M shape akan terlihat di prekordial kiri (V4 –V6). Biasanya tidak terlihat gelombang Q di V5-V6. Tergantung arah vector aktivasi septalnya, maka pada hampir sebagian penderita tidak terlihat gelombang r di sadapan prekordial kanan.
Lalu, apa makna dari adanya RBBB dan LBBB ini? Maknanya adalah adanya gangguan pada sistem konduksi atau pada pengantaran listrik jantung. Dimana seperti diketahui, sistem konduksi jantung terdiri dari SA Node, AV Block dan Bundle Branch Block (RBBB dan LBBB).

Selain itu, pada LBBB bisa merupakan petunjuk atau tanda adanya kelainan pada jantung, dimana sering berhubungan dengan hipertensi lama, infark miokard, pjk dan kelainan sistem konduksi listrik jantung, stenosis aorta maupun kardiomiopati. Sedangkan RBBB tidak mesti ada kelainan jantung. Karena banyak individu normal yang menunjukkan adanya hasil RBBB. Baca Juga: Gambaran EKG Pada Gangguan Sistem Konduksi Pada Jantung (SA Node, AV Block Dan Bundle Branch Block)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Adanya RBBB Dan LBBB Pada Pembacaan EKG"

Posting Komentar