Mengenal Segitiga EINTHOVEN (Pengertian, Manfaat, Dan Cara Membacanya)

Apa itu segitiga Einthoven pada EKG? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita pelajari dulu perihal sandapan EKG. seperti diketahui sandapan EKG itu terbagi menjadi 2 jenis sandapan, yaitu: Sandapan Bipolar dan Sandapan Unipolar. Nah, pada sandapan bipolar inilah ada istilah segitiga Einthoven, dimana sandapan bipolar ini terdiri dari sandapan I, sandapan II dan sandapan III.
Segitiga Einthoven adalah gambaran hubungan ketiga sandapan (sandapan I, sandapan II dan sandapan III) yang mana gambaran tersebut berupa gambaran sebuah segi tiga sama sisi. Mengapa disebut sebagai segitiga Einthoven? Karena gambaran Einthoven dipelopori oleh Einthoven pada tahun 1903.

Bagi Anda yang penasaran akan gambaran Segitiga Einthoven, dapat melihat gambarnya di bawah ini:

Pada gambar di atas dapat disimpulkan bahwa:
Sandapan I (dapat dilihat di EKG dengan tulisan I) : merupakan hubungan antara RA (tangan kanan) dengan LA (tangan kiri).
Sandapan II (dapat dilihat di EKG dengan tulisan II): merupakan hubungan antara RA (tangan kanan) dengan LF (kaki kiri).
Sandapan III (dapat dilihat di EKG dengan tulisan III): merupakan hubungan antara LA (tangan kiri) dan LF (kaki kiri).
Gambaran AVR : I + II
Gambaran AVL: I + III
Gambaran AVF: II + III
Lalu, apa gunanya gambaran Segitiga Einthoven ini? Gunanya agar mempermudah kita dapat mengintrepretasikan pembacaan EKG. Selain itu juga bermanfaat dalam penentuan lokasi jantung. Ambil contoh pada sandapan/lead I, III dan AVF yang menuju ke bawah yang menandakan bahwa sandapan I, III dan AVF merupakan jantung area atau bagian bawah (inferior). Baca Juga: Mengenal Sandapan I, II, III, AVL, AVR, Dan AVF

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Segitiga EINTHOVEN (Pengertian, Manfaat, Dan Cara Membacanya)"

Posting Komentar