Anda Malas Bergerak? Waspada, Penyakit Jantung Mengintai Anda!

Hubungan malas bergerak dengan timbulnya penyakit jantung –Penelitian soal tubuh menyimpulkan bahwa ketika seseorang malas untuk bergerak dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Selain penyakit jantung ternyata mager istilah anak sekarang ini juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti: diabetes melitus, obesitas hingga penyakit kanker!
Malas bergerak atau bahasa kerennya sedentary ini memang sangat susah dihindari dikehidupan zaman sekarang. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh canggihnya teknologi terkini dan pekerjaan yang menuntut seseorang untuk terus duduk diam di tempat duduk.

Sebagai bayangan, di kantor banyak karyawan yang menghabiskan waktunya di tempat duduk, sambil mengerjakan tugas kantor. Untuk berhubungan dengan teman kantor saja lebih sering menggunakan handphone, begitupun kalau lapar, tinggal tekan tombol hp untuk memesan makanan. Sehingga tubuh terpaku di tempat duduk terus menerus, jangankan peregangan untuk ke toilet saja terkadang di tahan hanya untuk mengerjakan tugas yang menumpuk.

Nah, selesai pekerjaan di kantor, terkadang digunakan untuk bersantai dengan duduk menonton acara televisi yang juga memakan waktu berjam-jam, belum lagi kegiatan di pakai untuk berselancar di internet, main game bahkan bermain media sosial yang juga biasanya memakan waktu berjam-jam.
Dari gambaran tersebut, terbaca kegiatan harian rata-rata yang digunakan untuk bergerak sangat minim, sehingga lama kelamaan penyakit akan muncul akibat sirkulasi darah di tubuh yang tidak baik.
Yang perlu Anda ketahui, dari penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal the lancet pada tahun 2012, terlalu banyak duduk atau kurang bergerak lebih berbahaya dari pada dampak buruk yang diakibatkan oleh merokok!
Padahal, dari waktu kita yang kita punya yaitu 24 jam, kita dituntut untuk mempergunakan waktu 16 jam untuk aktif, dan 8 jam digunakan untuk tidak bergerak yaitu saat tidur.  Tapi, hidup di zaman modern ini, waktu 8 jam akan susah dicapai, jangankan 8 jam, 6 jam saja sudah terhitung baik.
Lalu, mengapa gaya hidup sedentary atau malas gerak ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung? Ternyata dari sejumlah penelitian, setiap jam duduk dapat meningkatkan kadar plak di pembuluh darah arteri sebesar 14% Nah, bisa dibayangkan jika kita menghabiskan waktu berjam-jam dalam seharinya, berapa plak yang terkumpul?
Seperti kita ketahui, banyaknya plak yang terkumpul akan menyebabkan timbulnya sumbatan di pembuluh darah arteri. Jika sudah tersumbat maka jantung akan berkerja keras memompakan darah ke seluruh tubuh yang pada akhirnya jantung akan ‘kelelahan’ . Baca Juga: Bahaya Minuman Berenergi Terhadap Kesehatan Jantung Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda Malas Bergerak? Waspada, Penyakit Jantung Mengintai Anda!"

Posting Komentar