Gambaran Asistol Pada EKG Dan Cara Penanganan Penderita Dengan Gambaran Asistole

Apa itu Asistol? Ya, salah satu gambar EKG yang sering dijumpai di lapangan adalah gambaran EKG Asistol ini. Bagaimana tidak gambar ini merupakan gambar rekam jantung yang paling ditakuti. Hal ini dikarenakan gambaran asistol merupakan tanda gambar akhir dari kehidupan!
Lalu apa itu asistol? Pengertian asistol adalah ritme atau irama jantung yang mengancam nyawa yang mana ditandai dengan tidak adanya aktifitas elektrik pada gambaran EKG. Tentu saja dengan tidak adanya aktifitas elektrik menyebabkan tidak terdapat pula denyutan jantung. Dan bila hal ini tidak ditangani dengan segera maka akan menyebabkan kematian pada penderitanya.

Lalu bagaimana gambaran EKG penderita dengan asistol ini? Berikut gambaran asistol pada rekam jantung atau EKG:
1.  Laju: Tidak ada
2.  Irama: Tidak ada
3.  Gelombang P: Tidak ada
4.  Interval PR: Tidak ada
5.  Durasi QRS: Tidak ada
Berikut gambaran EKG pada asistol:

Biasanya pada penderita dengan asistol ini tidak memberi repon apapun. Dimana etiologi atau penyebab asistol ini adalah: akhir dari kehidupan, iskemia akibat banyak penyebab, gagal nafas akut, kematian karena listrik, dan dapat menunjukkan pingsan segera setelah defibrilasi sebelum dimulainya irama spontan.
Lalu, bagaimana penanganan penderita dengan gambaran asistol ini? Penangannya adalah seperti penatalaksanaan pada cardiac arrest, yaitu: biasanya dilakukan RJP (Resustitasi Jantung Paru) selama 2 menit dengan memasang akses IV/IO, pemberian efinefrin tiap 3-5 menit, pertimbangkan alat bantu jalan nafas lanjut capnography. Dan untuk tindakan selanjutnya dilihat pada irama yang muncul, apakah irama shockable atau tidak.

Tapi, yang patut dicatat di sini adalah: pastikan asistol yang Anda lihat pada monitor merupakan benar asistol dengan memeriksa apakah elektroda terpasang dengan baik atau tidak. Dan bila memang benar itu memang gambaran asistol maka penggunaan defibrator untuk tindakan kejut listrik tidak diindikasikan pada pasien dengan asistol. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambaran Asistol Pada EKG Dan Cara Penanganan Penderita Dengan Gambaran Asistole"

Posting Komentar