Makna DanTujuan Penilaian Gambaran Gelombang P, Q, R, QRS, PR, T, QT, Dan U

Apa makna gambar pada gelombang P, Q, R, S, T dan U pada pembacaan EKG? Atau mengapa gelombang P, Q, R, S, T dan U harus di nilai? Itulah sejumlah pertanyaan yang sering muncul ketika mempelajari gambaran gelombang EKG. Gambarnya yang seperti gunung yang tinggi menjadikan sebagian orang angkat tangan jika disuruh mempelajarinya.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa kegunaan atau makna dari gelombang P, Q, R, S, T dan U pada pembacaan EKG. Karena dipertemuan sebelumnya kami hanya menyinggung bagaimana menilai gambaran gelombang P, Q, R, S, T dan U yang normal dan tidak normal  ( Baca juga: Cara Mudah Membaca Gelombang EKG ) tanpa menyebut makna dari gelombang EKG itu sendiri.
Berikut makna atau tujuan kita memahami gelombang EKG: P, Q, R, S, T dan U:

1.  Gelombang P: Tujuan kita mengetahui gambaran P adalah untuk mengetahui adanya kelainan pada atrium. Baik itu atrium kanan maupun atrium kiri. Jika kita melihat gambaran EKG pada gelombang P berupa gunung kecil, maka atrium kanan muncul duluan dibanding atrium kiri. Jika Anda bingung dapat melihat gambarnya di bawah ini:

Adapun munculnya gambaran gelombang P ini ditimbulkan oleh depolarisasi atrium.
2.  Gelombang Q: Walaupun gelombang ini tidak terlalu terlihat, tapi jangan sepelekan gelombang satu ini. Dimana gelombang ini biasanya menggambarkan awal fase depolarisasi ventrikel. Adapun makna atau tujuan kita mempelajari normal atau tidaknya gelombang Q adalah untuk mengetahui apakah ada nekrosis (kematian jaringan) di otot jantung (miokard) yang biasanya di tandai dengan munculnya Q patologis.
Bagaimana gambaran Q patologis? Berikut gambaran gelombang Q patologis pada pembacaan EKG:

3.  Gelombang R: Adapun makna atau tujuan kita mengetahui adanya kelainan pada gelombang R adalah untuk menilai adanya hipertrofi ventrikel atau bisa juga menilai tanda-tanda Bundle Branch Block (BBB).
4.  Gelombang QRS: Gambaran muncul disebabkan oleh depolarasi ventrikel. Adapun kepentingan kita mengetahui gelombang QRS adalah: untuk mengetahui adanya hipertropi ventrikel , mengetahui adanya Bundle Branch Block (BBB) dan untuk mengetahui adanya infark
5.  Gelombang T: Merupakan gambaran yang ditimbulkan oleh repolarisasi ventrikel. Adapun makna atau tujuan kita mengetahui gambaran gelombang T ini adalah untuk mengetahui adanya iskemia atau infark dan adanya kelainan pada elektrolit.
6.  Interval PR: Banyak yang bertanya apa tujuan atau makna kita mengetahui gambaran interval PR ini? Tujuan atau makna maupun kepentingan kita mengetahui interval PR ini adalah untuk melihat kelainan sistem konduksi.
7.  Gelombang U: Merupakan repolarisasi lambat sistem konduksi interventrikuler dan timbul setelah gelombang T dan sebelum gelombang P berikutnya.

8.  Interval QT: Menggambarkan lamanya aktifitas depolarisasi dan repolarisasi ventrikel. Adapun tujuan maupun makna kita mengetahui interval QT ini adalah untuk mengetahui efek digitalis, hiperkalsemia (QT memendek) dan efek quinidine dan hipokasemia (QT memanjang). 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna DanTujuan Penilaian Gambaran Gelombang P, Q, R, QRS, PR, T, QT, Dan U"

Posting Komentar