Perbaiki Gaya Hidup Kita Agar Jantung Kita Senantiasa Selalu Sehat

Pengaruh gaya hidup terhadap kesehatan jantung --  Sehat atau tidaknya jantung kita, dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satu hal penting yang mempengaruhi  kesehatan jantung kita adalah gaya hidup yang kita jalani. Terlihat sepele, tapi besar akibatnya. Dimana pola hidup tidak sehat membuka peluang datangnya penyakit jantung koroner (PJK).
Salah satu pola hidup yang tidak sehat adalah makan-makanan yang tidak sehat, seperti: makanan cepat saji (fast food) yang biasanya tinggi akan minyak dan garam, makanan tinggi lemak jenuh dan tinggi kolesterol dan makanan yang berpengawet. Sedangkan pola hidup tidak sehat lainnya, seperti kebiasaan merokok, menimum-minuman keras, bergadang, hingga kurangnya olahraga (bergerak).

Kalau menyinggung masalah makanan, hidup di zaman modern ini pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya mengkomsumsi makanan yang tinggi kolesterol, seperti: makanan gorengan, makanan seafood secara berlebihan, hingga makan berlemak. Untuk diketahui makanan yang kaya akan kolesterol (jahat) merupakan salah satu faktor risiko penting terjadinya PJK.
Sedangkan kebiasaan merokok, meminum-minuman beralkohol, kurang tidur dan kurang olahraga juga berefek buruk terhadap tingginya tingkat penumpukan lemak pada pembuluh darah arteri di seluruh tubuh, termasuk arteri koroner. Ambil contoh, semakin berat Anda merokok, makin tinggi pula percepatan penyempitan arteri.

Lalu, apa yang sebaiknya saya lakukan agar penyakit jantung bisa ditangkal atau diperkecil kemungkinan datangnya dikemudian hari? Syaratnya, jauhi pola hidup tidak sehat dan mainkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sejak dini. Karena pola hidup itu sendiri dapat dikoreksi, dikendalikan bahkan diubah menjadi pola hidup sehat.
Jika Anda sudah terperosok dalam lembah gaya hidup tidak sehat segera bangkit dan bentengi hidup Anda dengan pola hidup yang sehat. Dan bagi Anda yang belum memeriksakan kesehatan utamanya jantung Anda, sebaiknya segeralah melakukan medical check up, karena semakin dini Anda mengetahui kesehatan Anda maka semakin cepat penyakit Anda diatasi dan diobati. Hal ini dikarenakan penyakit ini dapat diatasi dengan terapi obat, disamping merubah pola hidup.
Selain menerapkan pola hidup sehat, seperti: makan-makanan yang sehat (perbanyak sayur dan buah), untuk menghindari kolesterol jahat bersarang di tubuh kita sebaiknya lakukan olahraga yang cukup, turunkan berat badan, dan minum obat penurun kolesterol jahat (LDL) dan mimun obat-obatan tertentu yang menaikkan kolesterol baik (HDL). Baca Juga: Cara Mudah Dan Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi
Menyinggung masalah olahraga, ada berbagai manfaat yang bisa kita peroleh darinya. Dimana ketika kita bergerak, jantung memompa lebih banyak darah dengan gerakan memompa lebih cepat, ditandai dengan detak jantung yang meningkat, guna memasok oksigen dan nutrisi penting lainnya ke otot-otot yang sedang bergerak. Sehingga jantung lebih kuat memompa lebih banyak darah setiap denyutnya. Dan sirkulasi darah menuju jantung semakin lancar. Dengan keunggulan tersebut, wajar jika olahraga akan mengurangi tingkat risiko terjadinya angia pectoris yang merupakan gejala PJK.
Adapun manfaat olahraga, terutama untuk jantung, memang tergantung pada frekuensi, intensitas, durasi, serta tipe atau jenis latihannya. Agar olahraga memberika manfaat, ada baiknya kita memperhatikan hal berikut ini:
Yang pertama menyangkut frekuensi, dimana olahraga sebaiknya dilakukan 3 – 5 kali seminggu, intensitas: 60 -90 % denyut jantung maksimum, atau sampai tubuh terasa hangat, berkeringat dan dapat menarik nafas dalam tanpa ngos-ngosan. Tipe olahraga juga perlu diperhatikan: pilihlah kombinasi aerobik-jalan kaki, joging, berenang, bersepeda-dengan latihan kalistenik, misalnya peregangan.
Selain faktor di atas, hal yang mesti Anda jauhi berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah jauhi stres. Apa yang dijadikan patokan seseorang mengalami stres? Kalau keadaan pikirannya penuh atau dikuasai rasa cemas, gelisah, tegang dan berada dalam keasyikan yang tidak normal dengan lingkungan yang tidak menyenangkan.
Apa pengaruh stres terhadap kesehatan jantung kita? Pengaruhnya stres akan membuat penderitanya jadi lebih rentan terhadap ketidakteraturan irama jantung dan agina pectoris, tekanan darahnya juga ikut naik sebagai reaksinya. Selanjutnya, keadaan ini lama-kelamaan akan mencederai arteri koroner dan juga jantung itu sendiri.
Lalu, apa yang mesti kita lakukan untuk mengelola stres agar tidak terus berkepanjangan? Langkah-langkahnya bisa dengan mengelola amarah, berpikir positif, lakukan relaksasi dan bisa juga dengan melakukan olahraga secara teratur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbaiki Gaya Hidup Kita Agar Jantung Kita Senantiasa Selalu Sehat"

Posting Komentar