Gambaran EKG Pada Gangguan Sistem Konduksi Pada Jantung (SA Node, AV Block Dan Bundle Branch Block)

Bagaimana cara membaca adanya gambaran konduksi jantung pada pembacaan EKG? pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gambaran EKG pada gangguan konduksi jantung atau juga sering disebut sebagai blokade konduksi jantung.
Pada dasarnya gangguan konduksi jantung dapat terjadi dimanapun pada sistem konduksi jantung. Dimana ada tiga tipe blokade konduksi berdasarkan lokasi anatominya:
1.  Blokade SA Node (nodus sinus): seperti diketahui SA Node merupakan pengantar listrik yang domain atau berperan besar dari jantung yang mana laju intrinstiknya adalah 40-100 kali/menit.  Jika SA node di blokade atau terjadi gangguan konduksi, maka pada gambaran EKG tampak seperti ada jeda pada siklus jantung normal.
Nodus SA gagal untuk mencetuskan impuls beberapa saat dan kemudian lanjut mencetuskan impuls. Berikut gambaran gangguan konduksi pada blokade SA Node:

A.   Sinus Pause (Arrest):
a.    Laju: normal, hingga lambat, ditentukan oleh durasi dan frekuensi sinus pause (arrest)
b.    Irama: Irreguler, terjadi ketika impuls berhenti
c.    Gelombang P: Normal kecuali pada daerah arrest
d.    Interval PR: normal (0,12-0,2 detik)
e.    Durasi QRS: Normal (0,06 – 0,10 detik).
NB: cardiac output mungkin berkurang sehingga menyebabkan sinkop (pingsan) atau pusing.
B.   Blok Sinoatrial:
a.    Laju: Normal atau lambat, ditentukan oleh durasi dan frekuensi blok SA
b.    Irama: ireguler ketika blok SA terjadi
c.    Gelombang P: Normal kecuali pada daerah blok SA
d.    Interval PR: Normal (0,12 – 0,2 detik)
e.    Durasi QRS: Normal (0,06-0,10 detik)

2.  Blokade AV: Terdiri dari 3 tingkatan, yaitu: AV Block derajat satu, AV Block derajat dua yang terbagi lagi menjadi dua bagian: Mobitz I dan Mobitz II, dan terakhir blokade AV block derajat tiga. Kesemua pengertian dan gambaran EKG blokade AV ini dapat di lihat di: Mengenal Apa Itu AV Blok Tipe I, AV Blok Tipe 2 Dan AV Blok Tipe 3
3.  Blokade cabang berkas: sesuai namanya , blokade cabang berkas merujuk pada blokade konduksi di salah satu atau kedua cabang berkas ventrikel. Kadang, hanya sebagian dari salah satu cabang berkas yang mengalami blokade; keadaan ini disebut blokade fasikular.

Blokade cabang berkas atau bundle branch block ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu: RBBB (Right Bundle Branch Block) dan LBBB: ( Left Bundle Branch Block) yang terbagi menjadi dua: LAHB (Left Anterior Hemi Block) dan LPHB (Left Posterior Hemi Block). Untuk lebih jelasnya akan gambaran EKG pada Blokade Cabang berkas dapat dilihat di: Cara Mengetahui Adanya RBBB Dan LBBB Pada Pembacaan EKG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambaran EKG Pada Gangguan Sistem Konduksi Pada Jantung (SA Node, AV Block Dan Bundle Branch Block)"

Posting Komentar