Ingin Terhindar Dari Hipertensi Dan Penyakit Jantung? Lakukan Olahraga Ini Secara Rutin Dan Teratur!

Anda ingin mengurangi resiko penyakit jantung dan gagal jantung? Mengurangi resiko diabetes tipe 2? Menguatkan tulang? Menurunkan berat badan? atau membantu kesempatan untuk lebih lama hidup (panjang umur)? Kesemuanya dapat Anda peroleh dari latihan aktivitas sedang.
Apa saja latihan yang termasuk dalam latihan aktivitas sedang? Yang termasuk latihan aktivitas sedang ini mencakup: berjalan kaki, hiking, joging, bersepeda, senam erobik, berenang dan lain-lain.

Hal menakjubkan dari latihan sedang ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan pada 40 responden, yang mana ke 40 responden tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama latihan aktivitas sedang sedangkan 20 orang sisanya yang masuk dalam kelompok kedua sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini sendiri dilakukan selama 16 minggu.
Jadi selama 16 minggu 40 responden menjalankan penelitian dengan 20 orang menjalankan latihan aktivitas sedang, sedangkan 20 lainnya melakukan latihan aktivitas berat. Mulanya, banyak yang berkeyakinan 20 peserta yang menjalani latihan aktivitas berat yang akan berhasil menurunkan tekanan darah selama 16 minggu, yang mana jika berhasil menurunkan tekanan darah maka peluang untuk terkena penyakit jantung dan sejumlah penyakit lain akan menurun.

Tapi, yang terjadi justru sebaliknya. 20 peserta yang menjalani program latihan aktivitas sedang justru dapat menurunkan tekanan darah (baik sistolik maupun diastolik), sehingga dengan terjadinya penurunan tekanan darah tersebut secara langsung mempengaruhi indeks masa ventrikel kiri yang menurun secara signifikan selama 16 minggu diintervensi.
Dari hasil penelitian ini didapatkan data bahwa latihan fisik sedang memperbaiki/meningkatkan komponen miokardium yaitu: miosit dan nonmiosit. Sehingga dapat mencegah dan mengobati hipertensi.
Lalu, berapa lama sebaiknya latihan aktivitas sedang ini dilakukan. Olahraga latihan aktivitas sedang ini sebaiknya dilakukan selama 20 – 60 menit, selama 3-5 kali/minggu. Baca Juga: Anda Sering Terburu-buru? Waspadalah! Penyakit Jantung Mengintai Anda!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Terhindar Dari Hipertensi Dan Penyakit Jantung? Lakukan Olahraga Ini Secara Rutin Dan Teratur!"

Posting Komentar