Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Olahraga apa yang menurunkan resiko terkena penyakit jantung? Banyak dari kita tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan, utamanya untuk mencegah timbulnya penyakit jantung. Tapi, perlu diketahui tidak semua jenis olahraga baik untuk kesehatan jantung. Malah ada beberapa jenis olahraga yang tidak baik dilakukan karena dapat membahayakan kesehatan jantung kita.
Pada kesempatan ini, kita akan mempelajari olahraga apa saja yang baik untuk kesehatan jantung kita. Dimana manfaat olahraga secara teratur antara lain pengendalian kadar kolesterol dan pengeluaran energi. Kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida dalam darah akan turun, sedangkan kolesterol baik (HDL) akan meningkat. Selain itu, olahraga secara teratur juga memiliki diameter pembuluh darah jantung yang tetap terjaga, sehingga pengendapan kolesterol pada pembuluh darah dapat dihindari.

Menjawab pertanyaan di atas, jenis olahraga apa saja yang baik untuk kesehatan jantung kita? Olahraga yang bagus untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner adalah olahraga aerobic!
Anda pasti tidak asing dengan olahraga aerobic ini, tapi mungkin sebagian dari kita tidak mengerti apa jenis olahraga aerobic ini? Jadi olahraga aerobic ini adalah segala jenis olahraga yang menggunakan udara dalam jangka waktu tertentu. Adapun contoh olahraga aerobic ini, antara lain: berjalan, lari, bersepeda, berenang, lompat tali, treadmill, bermain tenis, bulu tangkis, sepakbola, dll.

Sedangkan olahraga yang tidak memerlukan oksigen di sebut anaerobic, contoh olahraga ini adalah: angkat besi, angkat barbel, tolak peluru, berlari cepat 50 m, 100 m, atau 200 m masuk kedalam jenis olahraga anaerobic ini dikarenakan lari cepat ini tidak menggunakan oksigen.
Mengapa olahraga aerobic baik untuk kesehatan jantung kita? Hal ini dikarenakan olahraga aerobic mengoptimalkan kemampuan jantung dalam memasok darah berisi oksigen ke seluruh jaringan dan sel-sel di seluruh tubuh. Hal ini tentu berbeda dengan olahraga anaerobic yang banyak mengandalkan pada kekuatan otot.
Setelah mengetahui jenis olahraga apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, sekarang muncul pertanyaan baru, berapa kali sebaiknya olahraga ini dilakukan? Sebaiknya olahraga tersebut dilakukan empat kali seminggu dengan waktu minimal latihan selama 30 menit. Tapi, perlu diketahui, sebaiknya jangan lakukan olahraga ini selama empat hari berturut-turut tapi diselang seling, seperti hari: senin, rabu, jum’at, dan sabtu. Hal ini untuk memberi kesempatan tubuh untuk istirahat. Baca Juga: Perbaiki Gaya Hidup Kita Agar Jantung Kita Senantiasa Selalu Sehat
NB: Jika Anda telah terdiagnosa penyakit jantung, sebaiknya mengkonsultasikan ke dokter jenis olahraga apa yang cocok untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner"

Posting Komentar