Bahaya Bekerja Berjam-jam Terhadap Kesehatan Jantung Anda

Apakah Anda bekerja puluhan jam setiap harinya? Hati-hati karena kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko adanya kelainan ritme jantung yang tidak teratur atau yang dikenal sebagai atrial fibrillation, yang mana hal ini dapat berkontribusi pada timbulnya penyakit lain, seperti: gagal jantung dan stroke!
Penelitian menunjukkan bahwa, orang yang bekerja dengan waktu  antara 35-40 jam/minggunya, dengan mereka yang bekerja 55 jam atau lebih/minggunya, orang yang bekerja 55 jam/perminggunya berpeluang kira-kira 40 persen mengalami fibrilasi atrium.
40 persen peningkatan tadi merupakan hal yang berbahaya bagi orang-orang yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular, apalagi jika orang tersebut memiliki faktor risiko lain yang dapat meningkatkan peluang untuk terkena penyakit jantung, seperti: usia lanjut, jenis kelamin laki-laki, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kelebihan berat badan, dan merokok. Baca Juga: Anda Malas Bergerak? Waspada, Penyakit Jantung Mengintai Anda!

Tidak aktif atau melakukan pergerakan yang sedikit akibat duduk berjam-jam juga  bisa menjadi salah satu penyebab munculnyanya risiko penyakit stroke. Fibrilasi atrium diketahui berkontribusi pada perkembangan stroke. Karena seperti diketahui irama yang tidak teratur akan menyebabkan sirkulasi aliran darah tidak lancar sehingga pasokan ‘makanan’ ke otak menjadi kurang atau sedikit.

Efek bekerja berjam-jam ini terhadap timbulnya penyakit jantung dan stroke terbukti dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di European Heart Journal, tim tersebut menganalisis data dari 85.494 pria dan wanita dari Inggris, Denmark, Swedia dan Finlandia yang bekerja puluhan jam perharinya (55 jam atau lebih/minggu) dalam sepuluh tahun, ada 1.061 kasus baru atrial fibrillation.
Jika sudah terjadi atrial fibrasi maka lama kelamaan jantung merasa kelelahan. dikarenakan Fibrilasi atrium (AF) biasanya menyebabkan ventrikel berkontraksi lebih cepat dari biasanya. Ketika ini terjadi, ventrikel tidak memiliki cukup waktu untuk mengisi sepenuhnya dengan darah untuk memompa ke paru-paru dan tubuh. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah tidak efisien memompa. Hal ini tentu saja tidak berpengaruh ke jantung, tapi kesejumlah organ lainnya. Adapun tanda dan gejala terjadinya atrium fibrasi adalah: rasa berdebar di dada, sesak nafas, bahkan nyeri dada.

Lalu, bagaimana cara menyiasati agar pekerjaan tetap jalan dan kesehatan tetap terjaga? Bagi Anda yang bekerja lebih dari 55 jam/perminggunya dapat menerapkan hal-hal berikut: Duduk Lebih Dari Tiga Jam Ternyata Tidak Baik Untuk Jantung Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Bekerja Berjam-jam Terhadap Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar