Enam Jenis Olahraga Yang Baik Dilakukan Penderita Hipertensi Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah gejala yang sangat umum yang banyak diderita orang masa kini. Jika Anda telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi, Anda mungkin khawatir obat untuk menurunkan tekanan darah Anda. Poin yang paling penting adalah, begitu Anda memulai pengobatan untuk tekanan darah Anda, Anda akan diminta untuk meminumnya secara teratur, yang banyak di antaranya merasa sulit dan terkadang cenderung lupa. Sementara tekanan darah tinggi berisiko tinggi untuk terkena penyakit mematikan seperti jantung dan juga stroke!
Tapi, hipertensi atau tekanan darah tinggi bukan satu-satunya penyebab munculnya sakit jantung. Biasanya akar terjadi tekanan darah tinggi atau rendah berasal dari berat badan Anda. Jika berat badan Anda melebihi lebih dari 20% dari berat ideal, Anda cenderung terkena hipertensi atau justru hipotensi yang ujung-ujungnya dapat memunculkan penyakit jantung. Bila tekanan darah Anda turun di bawah 90/60, Anda berisiko terkena tekanan darah rendah dan bila di atas 140/90 maka Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi.

Jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, aktivitas fisik secara teratur bisa membawanya ke tingkat yang lebih aman. Jenis latihan terbaik yang bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda termasuk berjalan kaki, joging, berenang, menari dan bersepeda. Latihan kekuatan juga bisa membantu dalam kasus seperti itu.

Berolahraga adalah metode bebas obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Semakin aktif Anda, semakin Anda berada di sisi yang lebih aman dan dapat menghindari tekanan darah tinggi jika Anda telah didiagnosis dengan masalah ini. Fokus kami dalam artikel ini adalah tekanan darah tinggi dan latihan aman yang bisa dilakukan bersamaan untuk membawa tekanan Anda kembali normal.
Berikut beberapa olahraga yang Aman Anda lakukan dan dianjurkan bagi penderita hipertensi (Tekanan darah tinggi):
1.  Berjalan: Setiap langkah yang Anda ambil sebagai bagian dari latihan berjalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesehatan yang lebih baik. Jadi, berjalan cepatlah setiap hari. Berjalan cepat tidak hanya mengurangi tekanan darah Anda, tapi juga mengurangi risiko kolesterol tinggi dan diabetes dan akhirnya membantu Anda memiliki jantung yang sehat. Berjalan minimal 30 menit sehari sangat dianjurkan.
2.  Jogging: Jogging adalah salah satu bentuk aerobik tertua dan paling populer. Kebugaran aerobik membantu Anda menjalani kualitas hidup yang lebih baik. Ini juga membantu mengurangi risiko sejumlah penyakit. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Juga dikenal sebagai silent killer, hipertensi dapat memiliki efek jangka panjang pada tubuh Anda yang dapat menyebabkan beberapa kondisi yang mengancam jiwa seperti perdarahan, aterosklerosis dan aneurisma, jika tidak dijaga. Jogging dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi anda.
3.  Bersepeda: Bersepeda meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan juga menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Saat Anda menjajakan saat bersepeda, kaki Anda bergerak ke atas dan ke bawah. Hal ini membuat bersepeda menjadi pilihan yang sangat baik untuk sistem peredaran darah yang sehat, untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan hipertensi, dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih besar dan metabolisme yang lebih efisien.
4.  Berenang: Berenang itu hal yang sangat menyenangkan! Hal terbaiknya adalah berenang merupakan bentuk olahraga yang sangat menarik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Khusus untuk orang tua yang memiliki tekanan darah tinggi, berenang dipromosikan sebagai cara latihan yang baik karena mudah di persendian dan tidak menyebabkan kepanasan.
5.  Menari: Menari adalah bentuk aerobik lain dan terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan oleh berbagai penelitian. Menari dapat membuat Anda menjauh dari stres dan secara signifikan membantu Anda dalam mengurangi risiko hipertensi dan tekanan darah tinggi. Terutama pada orang dewasa yang lebih tua, partisipasi dalam terapi berbasis tarian dapat membantu mereka memperbaiki keseimbangan dan gaya berjalan dan juga menjaga tingkat tekanan darah mereka tetap normal.

6.  Yoga: Yoga adalah terapi yang sangat bermanfaat yang bisa mengendalikan dan menurunkan tekanan darah tinggi secara normal tanpa memerlukan pengobatan apapun. Praktik yoga yang lembut dapat menenangkan  pikiran dan tubuh Anda, membantu mengurangi stres, yang merupakan penyebab utama hipertensi. Anda bisa terus melakukan yoga bahkan setelah kadar tekanan darah Anda normal. Untuk berada di sisi yang lebih aman, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan praktisi yoga yang berpengalaman sebelum Anda mulai melakukan yoga, sehingga latihan Anda disesuaikan. Baca Juga: Tujuh Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Tekanan Darah Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enam Jenis Olahraga Yang Baik Dilakukan Penderita Hipertensi Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi"

Posting Komentar