Jantung Sering Berdebar-debar Ketika Stes, Apakah Saya Jantungan?

Ketika stres atau berada dalam tekanan mengapa jantung rasa berdebar-debar dan ada rasa perut rasa mules? Apakah saya menderita penyakit jantung? Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat pada umumnya. Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah uraiannya.
Pada dasarnya kondisi tubuh manusia dipengaruhi oleh beberapa hal. Bisa dipengaruhi oleh kondisi tubuh, lingkungan, maupun psikologis. Nah, ketika Anda stres, tubuh akan merespon stres tersebut. Respon antara satu manusia dengan manusia lain itu berbeda, ada yang pusing, ada yang mual, ada yang berkeringat dingin, ada yang merasakan jantung berdebar-debar bahkan ada yang langsung pingsan. Baca Juga: Benarkah Jantung Berdebar-debar Tanda Seseorang Sakit Jantung?

Penyebabnya pun berbeda-beda. Ada yang disebabkan oleh faktor kondisi tubuh dan ada juga karena faktor lingkungan. Lalu, apakah Anda terkena penyakit jantung? Hal ini belum bisa ditentukan. Masih diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti: pemeriksaan rekam jantung, foto Thoraks, pemeriksaan laboratorium dan sejumlah anamese.

Tapi, secara umum biasanya jantung rasa berdeabr-debar itu hanya bersifat sementara. Kalau stres atau tekanannya sudah berlalu biasanya jantung akan kembali seperti biasanya.
Yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana caranya mengontrol agar kecemasan atau kekhawatiran akan stres berkurang atau hilang sama sekali. Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tekanan atau kekhawatiran menghilang:
1.  Mengenali diri sendiri dan penyebab mengapa Anda stres. Nilai seberapa mampu kita mengatasi dan menghindari tekanan.
2.  Mengenali jenis stres. Apakah stresnya bersifat baik atau justru stres yang bersifat buruk. Jika stres baik, seperti: naik ke atas panggung karena berprestasi maka perlu dihadapi, jika stres buruk, seperti: tidak mau makan makan perlu dihindari.

3.  Lakukan relaksasi atau lakukan hal yang menyenangkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jantung Sering Berdebar-debar Ketika Stes, Apakah Saya Jantungan?"

Posting Komentar