Beginilah Caranya Sampai Gambaran atau Gelombang EKG Terbentuk

Mekanisme terbentuknya suatu gelombang EKG – Apa maksud dari gelombang EKG yang datar? Apa maksud dari gelombang EKG yang naik seperti gambaran gunung? Apa juga makna gambaran EKG yang turun seperti segitiga terbalik? Itulah pertanyaan yang banyak muncul perihal gambaran EKG.
Selain untuk mengetahui mengapa gambaran EKG seperti gunung, pada kesempatan ini juga akan dijawab apa itu defleksi isoelektris, defleksi ke atas (positif), defleksi ke bawah (negatif) dan bifasik. Sebenarnya ini merupakan dasar pembacaan EKG yang mesti diketahui:

Pada dasarnya sel otot jantung ada arah penyebaran impuls (arus listrik) atau VECTOR, saat jantung berkontraksi baik itu depolarisasi maupun repolarisasi akan ada defleksi atau gambaran gelombang yang terbentuk pada lembar EKG.
1.     Dalam keadaan istirahat: tentu saja tidak ada defleksi gambaran pada EKG. yang sering kita lihat dengan gambaran lurus pada gambaran EKG atau biasa dikenal dengan gambar isoelektris.
Gambar Isoelektris:

2.     Jika diberi rangsangan:
a.    Bila arah vector (arus listrik) menuju elektode maka gambaran EKG nya adalah defleksi ke atas atau biasa kita sebut sebagai defleksi positif.
Berikut gambaran defleksi ke atas (defleksi positif):

b.    Bila arah vector (arus listrik) menuju elektrode maka gambaran EKG nya adalah defleksi ke bawah atau biasa kita sebut sebagai defleksi negatif.
Berikut gambaran defleksi ke bawah (defleksi negatif):

3.     Bila ada vector melalui elektrode: maka gambaran EKG nya adalah defleksi ke atas dan ke bawah atau biasa kita sebut sebagai gambaran EKG bifasik.
Gambaran Bifasik:
       Itulah tadi cara terbentuknya gelombang EKG. Semoga artikel singkat ini menjawab rasa penasaran Anda terhadap gambaran EKG. Baca juga: Cara Mudah Membaca Gambaran EKG Atau Rekam Gelombang Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beginilah Caranya Sampai Gambaran atau Gelombang EKG Terbentuk"

Posting Komentar