Inilah Perbedaan Antara Iskemik, Injuri Dan Infark Pada Hasil Baca Gelombang EKG

Apa perbedaan antara iskemik? Injury? Dan Infark? Pada pembacaan hasil rekam jantung (EKG)? Itulah pertanyaan yang sering muncul menyangkut cara baca EKG. Dimana ketiga gambaran tersebut: iskemik, injury maupun infark hampir memiliki pengertian dan gambaran yang sama.
Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan menguraikan perbedaan ketiganya: Iskemik, injury maupun infark pada hasil baca EKG-nya yang kami rangkum dalam progresitivitas infark miokard akut. Dimana sebuah infark miokard akut merupakan suatu proses berkelanjutan yang meluas dari keadaan normal hingga infark total.

Jadi perbedaan antara iskemik, injury dan infark:
1.  Iskemik: Kurangnya oksigen pada sel jantung. Hal ini ditandai dengan depresi segmen ST, inversi gelombang T atau keduanya. Maksudnya adalah pada iskemik ini terdapat gambaran EKG yang menggambarkan: ST mengalami gelombang yang turun atau bisa juga ada penurunan gelombang T dan bisa juga terjadi keduanya, baik itu ST yang turun maupun T yang turun.
2.  Injury: Terdapat sumbatan arteri disertai iskemi, ditandai dengan elevasi segmen ST. Pada tahap ini bukan hanya penderita mengalami kurangnya oksigen pada sel jantung tapi juga sumbatan pada arteri bisa dikarenakan penimbunan plak kolesterol.
3.  Infark: ini merupakan kelanjutan dari iskemik dan injuri. Dimana infark biasanya telah terjadinya kematian jaringan. Hal ini ditandai dengan adanya gelombang Q patologis.

Berikut adalah gambaran perjalanan dari iskemik, injuri hingga infark yang bisa dilihat pada gambaran gelombang EKG-nya:


NB: Ketika serangan infark miokard akut (IMA/AMI) berakhir, segmen ST akan kembali ke garis isoelektris, dan gelombang T mesti positif, namun biasanya gelombang Q tetap abnormal (Q patologis) akibat adanya pembentukan jaringan parut. Baca Juga: Cara Menentukan Iskemia Dan Infark Miokard Pada Pembacaan EKG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Perbedaan Antara Iskemik, Injuri Dan Infark Pada Hasil Baca Gelombang EKG"

Posting Komentar