Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Anda

Olahraga apa yang dapat menurunkan atau menstabilkan kolesterol? Itulah pertanyaan yang jamak ditanyakan, terlebih bagi penderita kolesterol jahat tinggi. Hal ini beralasan karena kolesterol jahat yang nilai kadarnya tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit mematikan, seperti: stroke bahkan serangan jantung!
Menjawab pertanyaan di atas, olahraga yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda adalah olahraga yang melibatkan otot-otot besar tubuh, paha, lengan atas, serta pinggul. Adapun jenis olahraganya adalah sebagai berikut: seperti senam aerobik, jalan kaki, berenang, joging, bisa juga memilih bersepeda.
Sebaiknya melakukan olahraga di atas (bisa dipilih bergantian) paling tidak tiga kali dalam seminggu dengan lama waktu sekitar 1 jam. Adapun pembagiannya adalah: lima sampai sepuluh menit pertama digunakan untuk pemanasan, 30 menit untuk olahraga (olah raga di atas), dan 10 menit terakhir adalah pendinginan.

Tapi yang perlu diingat adalah olahraga dilakukan secara bertahap dan progresif.  Dan yang terpenting bagi Anda yang berusia setengah baya ke atas sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter mengenai apakah diri kita mengidap penyakit seperti: kencing manis (diabetes), penyakit jantung koroner. Mengapa kita perlu mengetahui ini? Karena kalau kita mengidap penyakit ini ada beberapa jenis olahraga yang tidak bisa kita lakukan. Karena kalau kita memaksakan melakukan olahraga tertentu, bukannya sehat yang ada malah kita yang ambruk.

Ambil contoh: jika kita menderita penyakit jantung koroner lalu kita menjalani olahraga lari hingga 30 menit-an, bisa dipastikan napas kita akan sesak dan tidak menutup kemungkinan kita akan masuk rumah sakit dikarenakan serangan jantung dadakan!
Setiap melakukan olahraga yang ‘bisa’ kita lakukan, usahakan untuk menikmatinya. Jangan sampai kita melakukan olahraga itu karena terpaksa. Karena olahraga ini tidak hanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu, tapi dilakukan secara rutin seumur hidup.
Dengan olahraga teratur bukan hanya kadar kolesterol kita yang stabil, tapi juga tekanan darah bahkan gula darah kita pun juga ikut menjadi normal. Dan yang tidak kalah pentingnya juga, olahraga dapat juga mencegah munculnya kekeroposan tulang (osteoporosis).

Tapi yang perlu digaris bawahi, olahraga saja tidak cukup untuk menurunkan kadar kolesterol, namun harus juga dibarengi dengan pola makan yang sehat, yaitu: diet rendah lemak. Baca Juga: Satu Bulan Sebelum Serangan Jantung, Tubuh Mengirimkan Tujuh Tanda Ini Yang Sering Anda Abaikan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Anda"

Posting Komentar