Apa Tanda Dan Gejala Serangan Jantung? Ini Dia 6 Tanda Dan Gejala Seseorang Terkena Serangan Jantung!

Serangan jantung atau bahasa medisnya adalah infark miokard, terjadi saat bagian otot jantung mulai mati karena suplai darah yang kaya oksigen tidak cukup ke jantung.
Dan ketidakcukupan darah yang kaya oksigen ini biasanya disebabkan oleh penyumbatan pada arteri koroner akibat penggumpalan darah atau plak kolesterol. Pada umumnya 90% orang bertahan dalam serangan jantung pertama mereka, dan hampir 10% tidak berhasil karena kerusakan parah yang disebabkan keterlambatan mencapai rumah sakit.
Karena membahayakannya serangan jantung ini maka tidak salah kalau penyakit ini digelar sebagai penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia. Selain terkenal membunuh secara cepat, penyakit jantung juga terkenal membunuh secara ‘diam-diam’ atau bahasa kerennya silent killer.

Untuk itulah perlunya kesadaran dari kita untuk mengenali penyakit ini lebih dalam. Karena jika kita abai akan tanda dan gejala serangan jantung ini nyawa kita jadi taruhannya.
Berikut enam gejala serangan jantung yang perlu Anda ketahui dan kenali:
1.  Nyeri Dada Akut: Ya, gejala yang pertama pada serangan jantung adalah nyeri dada. Rasa sakit yang terkait dengan serangan jantung terjadi tiba-tiba di tengah dada Anda. Dan itu adalah rasa sakit yang seolah memeras jantung Anda. Rasa sakit ini biasanya berlangsung selama beberapa menit dan sering lenyap setelah beberapa saat jika aliran darah kembali ke jantung Anda. Tapi jika tidak, maka rasa sakit itu cepat menjalar ke lengan, punggung, leher, dan kemudian kepala Anda.
2.  Sakit pada rahang atau Sakit Gigi: Gejala ini biasanya lebih sering dirasakan oleh  wanita dari pada pria saat mereka terkena serangan jantung.
3.  Sesak napas: Ini adalah gejala umum lain dari serangan jantung, di mana individu tiba-tiba mulai terengah-engah menghirup udara seolah-olah mereka tenggelam. Rasa sesak nafas ini bisa terjadi sebelum nyeri dada dimulai atau bisa terjadi bersamaan.

4.  Berkeringat berlebihan: Keringat dingin yang sering merupakan tanda yang Anda lihat tepat sebelum seseorang pingsan. Tapi bila bersamaan dengan gejala lain, itu pertanda Anda mengalami serangan jantung.
5.  Mual dan Muntah:  Nyeri dada sangat sering menyebar ke bagian atas perut Anda dan menyebabkan rasa sakit epigastrik, yang menyebabkan sakit maag hebat, rasa gangguan pencernaan, mual, dan muntah saat serangan jantung.
6.  Sakit di Lengan Selama serangan jantung: orang sering merasakan sakit hebat di lengan kiri, bahu, punggung, dan kadang-kadang, bahkan seluruh sisi kiri. Tapi gejala ini tidak selalu dibatasi ke kiri.

Setelah mengenali gejala serangan jantung di atas apa yang harus Anda lakukan? Yang paling penting adalah meminta bantuan dan mengingatkan orang agar mereka bisa memanggil ambulans. Karena semakin lama Anda mencapai RS, semakin besar kerusakan yang akan terjadi pada jantung Anda. Baca Juga: Satu Bulan Sebelum Serangan Jantung, Tubuh Mengirimkan Tujuh Tanda Ini Yang Sering Anda Abaikan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Tanda Dan Gejala Serangan Jantung? Ini Dia 6 Tanda Dan Gejala Seseorang Terkena Serangan Jantung!"

Posting Komentar