Gambaran EKG Dan Karakteristik Sindrom Brugada, Sindrom Long QT Dan Sindrom Short QT

Apa itu Sindrom Brugada? Bagaimana gambaran EKG pada Sindrom Brugada? Bagaimana tanda, gejala dan karakteristik dari Sindrom Brugada? Lalu apa itu sindrom Long QT? Bagaimana gambaran EKG pada sindrom Long QT? Apa karakteristik Long QT? Dan apa itu sindrom short QT? Bagaimana karakteristik dari sindrom QT?
Sindrom Brugada dan Gambaran EKG nya:
Sindrom Brugada merupakan kelainan bawaan pada sistem elektrofisiologi jantung yang menyebabkan peningkatan resiko pingsan dan mati mendadak. Penyebabnya adalah mutasi gen terutama gen SCN5A yang mengatur saluran Na+.
Karakteristiknya adalah:

1.  Elevasi segmen ST di sandapan V1 dan V2 (dapat juga di V3) yang menyebabkan kompleks QRS di sandapan tersebut menyerupai RBBB.
2.  Elevasi segmen ST membentuk caved dan menurun sampai membentuk gelombang T terbalik.
3.  Meninggal mendadak disebabkan oleh VT polimorfik dan VF.
Adapun gambaran EKG pada Sindrom Brugada adalah sebagai berikut:

Sindrom Long QT dan Gambaran EKGnya:
Sindrom Long QT merupakan kelainan Kongenital yang ditandai dengan pemanjangan interval QT pada EKG. Kelainan ini dapat menyebabkan pingsan, henti jantung, atau meninggal mendadak akibat VT polimorfik/torsades de pointes atau VF, biasanya dijumpai pada anak dan dewasa muda.
Karakteristik dari Sindrom Long QT adalah:
1.  Pemanjangan interval QT pada EKG yang diperoleh dengan cara menghitung interval QT corrected. Interval QTc memanjang jika > 0,44 detik.
Adapun gambaran EKG pada Sindrom Long QT adalah sebagai berikut:

Sindrom Short QT dan gambaran EKGnya:
Sindrom Short QT adalah kelainan kongenital yang ditandai dengan pemendekan QT pada EKG. Kelainan ini dapat menyebabkan jantung berdebar-debar, pingsan, dan meninggal mendadak akibat VF.
Adapun gambaran EKG pada Sindrom Short QT adalah:

Karakteristik dari Sindrom Short QT adalah:
Pemendekan interval QT pada EKG yang diperoleh dengan cara menghitung interval QT corrected. Interval QTc memendek jika ≤ 0,30 detik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambaran EKG Dan Karakteristik Sindrom Brugada, Sindrom Long QT Dan Sindrom Short QT"

Posting Komentar