Tingkat Kolesterol Jahat (LDL) Anda Tinggi Ini Efek Mengerikan Kolesterol Jahat Terhadap Tubuh Anda!

Efek buruk kolesterol terhadap tubuh: Sebelum kita membahas tentang efek buruk kolesterol terhadap tubuh, marilah kita terlebih dahulu mempelajari apa itu kolesterol? Apa itu kolesterol jahat? Apa itu kolesterol baik?
Istilah kolesterol mengacu pada zat lemak yang ada dalam darah yang merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh sel untuk berfungsi secara efisien. Zat seperti lilin ini kebanyakan dihasilkan oleh sistem tubuh manusia dan juga didapat dari makanan yang kita konsumsi. Dimana kolesterol ini dibagi dalam dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).
Mengapa disebut sebagai kolesterol jahat atau LDL?  Karena kolesterol jahat bersifat menyimpan kolesterol dalam pembuluh darah yang disebut arteri sehingga menghambat aliran darah. Sedangkan kolesterol baik (HDL) karena ia diciptakan untuk membawa kolesterol dari arteri ke hati dari tempat ia tersingkir dari tubuh. Kolesterol baik membantu dalam berfungsinya organ vital dan juga membantu dalam pembentukan hormon, vitamin D dan banyak cairan yang membantu dalam proses pencernaan.

Lalui apa efek dari kolesterol terhadap tubuh kita. Berikut efek buruk kolesterol terhadap kesehatan kita:
1.  Masalah Jantung: Memiliki peningkatan kadar kolesterol jahat  (LDL) dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung. Mau tahu kenapa? Arteri adalah pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Arteri ini bisa sangat terpengaruh karena tingginya kadar kolesterol jahat yang disebut ini. Arteri menjadi mengeras; Dengan kata lain, mereka kehilangan fleksibilitas mereka dengan meletakkan kolesterol LDL di dinding arteri. Kondisi pengerasan arteri ini disebut arthrosclerosis. Jantung merasa sangat sulit untuk memompa darah melalui pembuluh darah yang kaku dan tersumbat yang menyebabkan berbagai penyakit jantung.

2.  Mempengaruhi Sistem saraf: Kadar kolesterol yang tinggi dapat memiliki efek merusak  pada otak. Seperti pada penyakit stroke hingga penyakit Alzheimer, otak menjadi rentan terhadap berbagai gangguan mematikan. Tidak memiliki tingkat kolesterol yang optimal juga dapat mengganggu aliran darah ke otak dan dengan demikian bisa menghambat fungsi organ vital yang paling penting. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya memori dan gangguan pada beberapa fungsi mental.
3.  Mempengaruhi Sistem Pencernaan: Tingkat kolesterol optimal selalu penting untuk produksi empedu. Empedu sangat membantu dalam meruntuhkan makanan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh kita. Bila ada peningkatan kadar kolesterol, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan batu empedu di kantung empedu Anda yang bisa sangat menyakitkan.

4.  Nyeri Dada: Untuk memahami apa yang menyebabkan nyeri dada, marilah kita pelajari tentang plak. Plak adalah pengendapan berlebihan kolesterol di arteri sehingga menyebabkan jantung benar-benar mendorongnya melalui banyak usaha. Bila plak mengganggu aliran darah di arteri koroner maka mengakibatkan nyeri dada. Rasa sakit ini berbeda dengan serangan jantung dan diberi nama angina. Mempertahankan tingkat kolesterol yang optimal melalui diet dan olahraga merupakan pilihan yang lebih baik untuk menangkal semua penyakit terkait kolesterol. Baca Juga: Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkat Kolesterol Jahat (LDL) Anda Tinggi Ini Efek Mengerikan Kolesterol Jahat Terhadap Tubuh Anda!"

Posting Komentar