Apa Itu Pembesaran Jantung (Cardiomegali)? Apakah Jantung Membesar Bisa Disembuhkan? Bagaimana Cara Penanganan Dan Perawatan Pembesaran Jantung?

Apa itu pembesaran jantung (cardiomegali)? Apakah pembesaran jantung (cardiomegali) dapat disembuhkan? Apa efek atau bahayanya seseorang yang jantungnya membesar? Bagaimana cara mendiagnosis pembesaran jantung? Itulah beberapa pertanyaan seputar pembesaran jantung.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut kami uraikan tentang pembesaran jantung (cardiomegali):
Sebelum  membahas pembesaran jantung marilah kita tengok apa itu pembesaran jantung (cardiomegali). Jadi pembesaran jantung (cardiomegali) adalah kondisi dimana jantung terjadi pembesaran yang biasanya terlihat dari pemeriksaan X-ray.
Muncul pertanyaan lain, apa yang menyebabkan jantung kita membesar? Pada dasarnya kondisi tertentu memang membuat jantung bisa memompa darah berlebihan atau terlalu keras sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian otot jantung. Beberapa orang juga bisa mengalami jantung membesar karena kondisi yang tidak jelas.

Adapun beberapa penyebab pembesaran jantung, seperti: Kelainan jantung bawaan, hipertensi, Penyakit yang menyebabkan kerusakan pada bagian katup jantung, anemia, kelainan yang terjadi pada bagian kelenjar tiroid ,penyakit arteri koroner, hipertensi, bisa dikarenakan masalah katub jantung atau dikarenakan kehamilan.

Sebenarnya pembesaran jantung ini bukan termasuk salah satu penyakit jantung. Tapi, pembesaran jantung ini bisa menjadi tanda ada kelainan pada jantung Anda. Oleh sebab itu diperlukan pengkajian lebih lanjut tentang penyebab dari pembesaran jantung tersebut.
Apa saja gejala dari penyakit pembesaran jantung (cardiomegali) ini:
Pada awalnya pembesaran jantung tidak menimbulkan gejala yang mudah untuk dirasakan. Namun, jika kondisi sudah memburuk akan menimbulkan gejala: jika bernafas maka akan terasa nyeri pada bagian dada dan terkadang sesak nafas, terdengar bunyi detak jantung yang tidak normal, terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan hingga pingsan jika kondisi sudah berat.
Jika kita sudah terkena pembesaran jantung apa yang mesti kita lakukan? Berikut adalah perawatan untuk Jantung Membesar:
Perawatan yang diperlukan untuk jantung membesar harus disesuaikan dengan kondisi yang menyebabkan kelainan tersebut. adapun jenis obat yang umumnya digunakan untuk perawatan jantung membesar adalah:
Obat yang bersifat diuretik yang bisa menurunkan kadar garam dalam tubuh dan membantu mengatasi tekanan pada bagian pembuluh darah dan jantung, obat golongan ACE  atau angiotension converting enzyme yang bisa membantu menurunkan tekanan darah untuk penderita hipertensi sehingga darah bisa dipompa dari jantung ke semua bagian tubuh, Obat golongan beta blocker yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan untuk mendukung fungsi jantung agar lebih baik lagi.
Selain obat-obatan bisa juga tindakan operasi dilakukan. Tapi, biasanya tindakan operasi dilakukan jika obat-obatan sudah tidak berpengaruh dan membuat kondisi penderita jantung membesar tidak bisa pulih seperti semula.
Apakah penyakit pembesaran jantung dapat disembuhkan? Jawabannya adalah tidak bisa disembuhkan. Tapi, kita bisa memperbaiki kondisi tersebut, dengan cara:
Menjaga berat badan, selalu mengkomsumsi makanan sehat, menghindari stress, olahraga secara rutin, menjaga atau mengontrol gula darah dalam batas normal, rutin mengendalikan tekanan darah, menghindari merokok maupun minuman beralkohol.
Apa saja resiko yang didapatkan jika kita mengabaikan pembesaran jantung? Resiko pembesaran jantung adalah: tergantung dibagian mana di jantung yang mengalami pembesaran serta penyebab dasarnya. Komplikasi yang muncul bisa meliputi gagal jantung, pembekuan darah, serangan jantung serta kematian mendadak. Baca Juga: Jenis Olahraga Apa Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung? Dan Berapa Kali Sebaiknya Olahraga Dilakukan Dalam Seminggu?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Pembesaran Jantung (Cardiomegali)? Apakah Jantung Membesar Bisa Disembuhkan? Bagaimana Cara Penanganan Dan Perawatan Pembesaran Jantung?"

Posting Komentar