Banyak Mengkomsumsi Sayur Ternyata Dapat Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Hipertensi, Stroke Dan Serangan Jantung!

Manfaat Sayur Dalam Mencegah Penyakit Jantung – Banyak dari kita enggan untuk mengkomsumsi sayur. Padahal banyak bukti yang menguatkan beragam manfaat dari makanan ini. Mulai dari menyehatkan pencernaan, baik untuk kesehatan mata, bahkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi!
Sayur dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Mungkin kata ini yang terlintas dibenak Anda ketika kami menyebutkan bahwa makanan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau populer dengan istilah hipertensi. Ya, makanan ini sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak percaya, berikut adalah beberapa bukti bahwa sayur dapat turunkan tekanan darah tinggi:

Protein dalam sayuran ternyata bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh: Circulation: Journal of the American Heart Association tahun 2009, menemukan bahwa pada sayuran terdapat asam amino bernama glutamic acid.
Nah, protein yang terdapat pada sayuran ini sangat bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Dari penelitian terhadap 4.680 orang dewasa dari Amerika Serikat, Inggris, Jepang dan Tiongkok, asupan protein yang mengandung glutamic acid memberi dampak 5% untuk penurunan tekanan darah tinggi. Memang presantasenya terlihat kecil, padahal angka tersebut memiliki dampak yang besar bagi kesehatan orang yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Mengapa demikian? Karena angka tersebut cukup untuk mengurangi tekanan darah sistolik (misalnya tekanan Anda 120/80, tekanan sistolik itu adalah 120 dan 80 merupakan tekanan diastolik) 1,5 – 3 poin dan tekanan diastolik 1,0-1,6 poin. (NB: Tekanan darah sistolik adalah tekanan darah saat terjadi kontraksi otot jantung, sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan dalam arteri saat jantung beristirahat).
Dengan mengurangi tekanan sistolik sebesar 2 poin dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sebanyak 6% pada populasi manusia. Dan penurunan ini juga akan mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung koroner sebanyak 4%.
Untuk mendapatkan manfaat sayur, ada baiknya memasak sayur sebentar saja agar kandungan gizinya tidak hilang. Karena semakin proses pemasakan, semakin banyak manfaat nutrisinya.
Lalu, apakah baik makan sayur dalam keadaan mentah? Ada beberapa sayur yang memang baik dimakan mentah, tapi yang perlu Anda ketahui, resiko makanan sayur mentah resiko kontaminasinya tinggi. Oleh karena itu jika ingin mengkomsumsi makanan yang mentah pastikan dulu sayur sudah dibersihkan dengan benar. Berikut beberapa sayur yang boleh dimakan mentah: lalapan selada, tomat, bawang bombai, tomat, kacang panjang maupun kemangi.
Apakah sayur boleh di jus? Sah-sah saja jika Anda ingin mengejus. Dimana sayuran yang dijus memang masih mengandung vitamin dan mineral tapi ia kehilangan serat. Padahal kita tahu sendiri serat sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko konstipasi, kolesterol tinggi dan hipertensi.
Bagaimana, mantap bukan? Ayo, sudah saatnya kita perbanyak jumlah sayur masuk ke dalam diit kita. Jangan sampai penyesalan datang kemudian karena mengabaikan manfaat dari sayur ini. Baca Juga: Inilah Perbedaan Tanda Dan Gejala Serangan Jantung Pada Laki-laki Dan Perempuan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak Mengkomsumsi Sayur Ternyata Dapat Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Hipertensi, Stroke Dan Serangan Jantung!"

Posting Komentar