Jenis Olahraga Apa Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung? Dan Berapa Kali Sebaiknya Olahraga Dilakukan Dalam Seminggu?

Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung – Selain mengatur pola makan dan menghindari stres, cara terbaik lainnya untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin berolahraga. Patut diketahui, memang tidak ada cara yang lebih efektif agar jantung tetap sehat, selain berolahraga.
Lalu, pertanyaan muncul, olahraga apa yang baik dilakukan agar jantung tetap sehat? Menurut Kenneth H. Cooper MD, MPH, dokter asal Amerika Serikat menyatakan bahwa olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung kita adalah olahraga aerobik.

Mengapa olahraga aerobik baik untuk kesehatan jantung kita? Karena dengan berolahraga aerobik membuat jantung akan menggunakan oksigen dalam waktu yang lebih lama. Sehingga kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh sel-sel tubuh juga menjadi lebih baik. Jika kondisi itu terjadi, peredaran oksigen dan nutrisi pun tersalurkan secara maksimal.

Adapun ragam aerobik yang bisa dipilih, mulai: dari berjalan, berlari (termasuk di treadmill), sepeda, berenang, lompat tali, tenis, bulu tangkis, voli, dan sepakbola. Kombinasikan saja berbagai olahraga itu agar tidak cepat bosan saat melakukannya.
Lalu, berapa kali kita sebaiknya melakukan olahraga aerobik ini? berbicara frekuensi latihan, paling ideal adalah empat kali dalam seminggu. Bukan setiap hari, terlebih jika kita melakukan olahraga aerobik tersebut dalam durasi yang lama. Sebaiknya olahraga aerobik yang dipilih tidak sama setiap latihan. Misalnya: senin kita berlari, rabu bersepeda, jum’at berenang dan sabtu melakukan lompat tali.

Jika Anda ingin jantung Anda tetap sehat ingat rumus FITT. Dimana F berarti Frekuensi olahraga 3-5 kali seminggu, I adalah Intensitas olahraga hingga tubuh terasa hangat berkeringat, T merupakan Time yaitu durasi olahraga yaitu: 20-60 menit, dan T yang terakhir adalah Tipe olahraga aerobik. Baca Juga: Apa Tanda Dan Gejala Serangan Jantung? Ini Dia 6 Tanda Dan Gejala Seseorang Terkena Serangan Jantung!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Olahraga Apa Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung? Dan Berapa Kali Sebaiknya Olahraga Dilakukan Dalam Seminggu?"

Posting Komentar