Waspada! Ini Efek Mengerikan Dari Stres Terhadap Kesehatan Jantung Anda!

Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Jantung – Penyakit jantung merupakan penyakit paling mematikan di dunia. Berbagai cara ditempuh agar penyakit jantung ini tidak menyerang tubuh. Cara yang umumnya ditempuh pun bermacam-macam, ada yang menjaga pola makan, berolahraga, serta merubah gaya hidup yang tidak sehat.
Cara di atas memang terbukti ampuh dalam menjaga jantung dalam kondisi prima. Dimana pada umumnya penyakit jantung dikarenakan pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktifitas dan gaya hidup yang tidak sehat. Tapi, bukan itu saja yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi jantung Anda dalam kondisi stabil.
Salah satu faktor non fisik yang dapat menyebabkan penyakit jantung adalah stres. Dimana seseorang yang stres biasanya pikirannya dikuasai rasa cemas, galau, gelisah dan juga kalut.

Nah, kalau ini sampai terjadi maka kondisi jantung akan ikut terganggu. Dimana pada stres, jantung akan memompa lebih cepat (jantung menjadi berdebar-debar). Jika stres tidak kunjung dikendalikan maka jantung rawan mengalami irama yang tidak beraturan atau biasa disebut dengan aritmia.

Kalau sampai jantung mengalami aritmia dalam jangka waktu yang berlarut-larut maka akan membuat sirkulasi darah terganggu. Dimana aliran darah tidak akan mengalir secara penuh. Sehingga pasokan makanan dalam darah yang kaya akan oksigen, yang diperlukan jantung dan tubuh akan berkurang, yang ujung-ujungnya akan menyebabkan jantung mengalami ‘kelaparan’, bahkan kematian dibeberapa titik di jantung oleh karena  tidak teraliri ‘makanan’.
Belum lagi pengaruh stres yang membuat tekanan darah meningkat. Lama kelamaan jika terus dibiarkan, arteri pada koroner akan bisa cedera.
Oleh karena itu, selain menjaga pola makan, merubah gaya hidup sehat kita juga harus bisa mengendalikan stres. Mengapa harus bisa mengendalikan stres bukan menghindari stres? Karena pada dasarnya selama kita hidup kita akan selalu berhadapan dengan stres. Jadi cara mengatasi stres bukan dengan menghindarinya tapi menghadapinya. Tentu saja dengan respon yang bijaksana, yaitu dengan cara: mencari penyebab stres, belajar menerima kenyataan, mengelola emosi, berpikir positif, cukup tidur, dan menenangkan pikiran secara rutin. Baca Juga: Jantung Sering Berdebar-debar Ketika Stes, Apakah Saya Jantungan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Ini Efek Mengerikan Dari Stres Terhadap Kesehatan Jantung Anda!"

Posting Komentar