Manfaat Terdahsyat Omega 3 Terhadap Kesehatan Jantung Anda!

Peran Omega 3 dalam menurunkan resiko penyakit jantung—Asam lemak omega 3 berperan penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 50% dan menekan kolesterol jahat (LDL). Hal ini akan berdampak dapat mengurangi resiko aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) yang sering menyebabkan penyakit jantung koroner atau stroke.
Disejumlah negara maju, seperti: di Kanada, Australia, Jepang, Swedia dan Inggris asupan omega 3 untuk setiap orang adalah: 0,3 – 0,5 g/hari (EPA +DHA) dan 0,8 – 1,1 g/hari (asam linolenat). Dimana angka tadi dimaksudkan untuk mempertahankan kesehatan yang optimal, bukan untuk pencegahan penyakit kronis.

Oleh karena itu bagi orang yang berusia setengah baya dan wanita menopause, komsumsi ikan menjadi sangat penting karena efek pencegahannya terhadap penyakit jantung. Dan bagi penderita penyakit jantung koroner, sebaiknya tidak hanya mengandalkan komsumsi ikan sebagai satu-satunya sumber omega 3.
Ikan Kembung Kaya Akan Omega 3

Dimana selain ikan (Salmon, Tuna, Kembung, Sarden, belut), Omega 3 juga dapat diperoleh dari sumber makanan lain, seperti: Telur ayam, telur bebek, kacang almond, kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, sayur bayam, kangkung, daging sapi, susu kambing, susu sapi, udang, kerang, kepiting, kembang kol, yoghurt, brokoli, selada, pepaya, mangga, blackberry, minyak zaitun dan minyak ikan cod.
Tapi, memang diantara makanan tadi, ikan menyumbang omega 3 terbesar. Ikan salmon mungkin, ikan yang populer dengan kandungan omega 3 tertinggi. Tapi, sayang di Indonesia ikan ini susah ditemukan khususnya area pedesaan dan yang bikin ngeri adalah harganya yang relatif mahal.
Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada ikan yang biasa kita temukan di pasar tradisional dan harganya relatif murah dengan omega 3 yang bisa mengalahkan seekor ikan salmon. Ikan itu adalah: Kembung.
Jika ikan salmon kandungan omega 3 nya dalam perkg adalah: 1,4 gram, maka ikan kembung kandungan omega 3 nya dalam perkg adalah: 2,6 gram. Zat besi yang terkandung didalamnya juga tidak kalah yaitu: 21,4 (ikan kembung) dan ikan salmon hanya 19,9 gram.
Selain itu ikan kembung juga kaya akan berbagai vitamin. Diantaranya vitamin A dan Vitamin D. Dimana vitamin A baik untuk kesehatan mata dan vitamin D membantu meningkatkan absorbsi kalsium sehingga dapat membantu pemeliharaan tulang dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari ikan kembung, sebaiknya perhatikan cara memasaknya. Cara terbaik untuk memasak ikan kembung agar tidak kehilangan kandungan gizinya adalah dengan tidak menggorengnya. Karena menggoreng dapat menurunkan kandungan omega 3. Sebaiknya untuk mendapatkan beragam manfaat dari ikan kembung sebaiknya ikan kembung dikukus atau direbus. Dan perhatikan waktu merebus yaitu: sekitar 10 menit saja.  Baca Juga: Mau Terhindar Dari Penyakit Jantung? Makan Ikan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Terdahsyat Omega 3 Terhadap Kesehatan Jantung Anda! "

Posting Komentar