9 Tanda Dan Gejala Penyakit Murmur Jantung

Reaksi pertama kita saat kita mendengar tentang penyakit jantung adalah menjadi takut dan cemas, kan? Nah, itu wajar karena kita tahu bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya, beberapa di antaranya bisa memakan nyawa seseorang dalam hitungan menit!
Jantung adalah salah satu organ vital tubuh manusia, bersama dengan hati, paru-paru, ginjal dan otak. Dan kita harus memastikan bahwa kita menjaga organ vital kita tetap aman dan sehat, karena bahkan masalah kecil di organ ini dapat menyebabkan konsekuensi yang sangat fatal.
Sekarang, kebanyakan dari kita pasti pernah mendengar tentang 'serangan jantung', bukan? Namun, banyak dari kita bisa bertanya-tanya jika ditanya tentang murmur jantung? Apa itu 'murmur jantung'. Itu karena 'murmur jantung' adalah kondisi yang tidak biasa.
Apa itu Murmur jantung? Murmur jantung adalah suatu kondisi di mana ada bunyi desah bersamaan dengan detak jantung, yang disebabkan oleh aliran darah yang bergejolak atau abnormal di dekat jantung. Kondisi ini dapat disebabkan saat lahir atau bahkan dapat dikembangkan di kemudian hari dalam kehidupan dan dapat mempengaruhi orang tanpa memandang jenis kelaminnya. Murmur jantung mungkin tidak menimbulkan komplikasi besar pada banyak orang; Namun, pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit jantung yang serius, jadi tanda-tanda harus dikenali dan perawatan harus dilakukan.

Bagi Anda pensaran akan murmur jantung, berikut adalah tanda dan gejala murmur jantung di bawah ini:
1.  Kulit kebiru-biruan: Saat seseorang menderita segala jenis penyakit jantung, aliran darah beroksigen dari jantung ke bagian tubuh yang lain bisa menjadi abnormal dan terganggu. Bila darah tidak sampai ke bagian tubuh Anda secara efektif, bisa menyebabkan pucat kebiruan, terutama di bibir, jari kaki dan ujung jari. Jadi, jika Anda melihat kulit pucat kebiruan di kulit Anda, Anda harus diuji untuk murmur jantung!
2.  Sesak Napas: Biasanya kita mengalami sesak napas setelah melakukan aktivitas fisik secara intens; Namun, jika Anda mengalaminya setiap saat, maka itu bisa menjadi tanda dari murmur jantung, karena katup jantung, yang mengedarkan darah ke organ lainnya, bisa menjadi sempit dan terbatas karena penyakit ini, yang menyebabkan Anda mengalami sesak napas.
3.   Anemia: Bila jantung Anda tidak mampu memompa darah sehat dan beroksigen ke seluruh tubuh, karena penyakit jantung seperti murmur jantung, hal ini bisa menyebabkan timbulnya anemia. Anemia adalah kekurangan zat besi dalam darah, yang bisa menyebabkan kelemahan dan masalah kesehatan. Besi ditemukan dalam darah beroksigen, jadi bila jantung tidak memompa cukup darah beroksigen, bisa menyebabkan anemia.
4.  Nyeri Dada: Nyeri dada adalah salah satu gejala menakutkan dari murmur jantung. Jika Anda mengalami nyeri dada konstan, meski ringan, bisa jadi tanda  lain dari murmur jantung, karena penyakit ini bisa menyempitkan katup jantung.

5.  Kembung: Kembung perut biasanya berhubungan dengan gangguan pencernaan dan gastritis, bukan? Jadi, biasanya, orang tidak pernah benar-benar memikirkan penyakit jantung saat mereka mengalami kembung. Namun, kembung juga bisa menjadi gejala gumaman jantung, karena aliran darah abnormal ke katup jantung bisa menyebabkan penumpukan kelebihan cairan dan gas di daerah perut.
6.  Masalah Tiroid: Tiroid adalah kelenjar di tubuh manusia, yang menghasilkan sejumlah hormon yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh tertentu. Aliran abnormal darah dari jantung ke kelenjar tiroid dapat menyebabkan produksi hormon tiroid terganggu, menyebabkan sejumlah penyakit terkait tiroid.
7.  Infeksi Jantung: Jika Anda memperhatikan adanya infeksi pada atau di sekitar dinding jantung Anda, saat Anda melakukan pemeriksaan jantung rutin, maka itu juga bisa menunjukkan adanya murmur jantung karena aliran darah disfungsional ke dinding jantung bisa menyebabkan infeksi di daerah itu.
8.  Pusing: Pening atau merasa pusing sering juga diartikan dengan keletihan umum, kelemahan dan kelainan minor lainnya. Namun, itu juga bisa menjadi gejala silent heart murmur karena penyakit ini menyebabkan aliran abnormal darah beroksigen dari jantung ke otak, yang sering menyebabkan pusing.

9.  Pembesaran Vena: Jika Anda melihat bahwa Anda memiliki pembuluh darah vena yang membesar di tubuh Anda, terutama di leher dan tangan Anda, yang telah terjadi secara tiba-tiba, maka itu juga bisa menjadi tanda diam dari murmur jantung karena penyakit ini dapat menyebabkan aliran darah menjadi abnormal, yang bisa memperbesar pembuluh darah Anda. Baca Juga: Manfaat Terdahsyat Omega 3 Terhadap Kesehatan Jantung Anda!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tanda Dan Gejala Penyakit Murmur Jantung"

Posting Komentar