10 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dengan Cepat!


Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol LDL (low-density lipoprotein, kolesterol jahat) dan HDL (high-density lipoprotein, kolesterol baik ). Kadar kolesterol LDL yang tinggi secara medis dikenal sebagai hiperkolesterolemia. Kolesterol jenis ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung.
Kolesterol pada tingkat normal merupakan zat penting bagi tubuh. Tapi, bila konsentrasi kolesterol tinggi dalam darah, itu menjadi bahaya  dan bisa membuat orang berisiko terkena serangan jantung. Orang-orang dari segala umur dapat memiliki kolesterol tinggi dan jika tidak dikendalikan tepat waktu, ia bahkan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti stroke, serangan jantung dan nyeri dada.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cepat:
1.  Oatmeal: Oatmeal adalah makanan sarapan yang populer bagi banyak orang dan memakannya setiap hari akan menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda. Kandungan serat larut tinggi hadir dalam oatmeal membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Serat mengurangi penyerapan kolesterol jahat di aliran darah Anda, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
2.  Orange Juice: Orange adalah makanan super lain yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Periset menemukan bahwa jus jeruk memperbaiki profil lipid darah pada orang yang memiliki kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan adanya vitamin C, folat dan flavonoid dalam jeruk. Anda bisa minum segelas jus jeruk segar saat sarapan.
3.  Almond: Almond dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dari dalam tubuh, lemak tak jenuh ganda dan serat yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Sebuah studi mencatat bahwa konsumsi almond setiap hari akan membantu mengurangi kadar kolesterol LDL hingga 3 sampai 19 persen. Almond adalah makanan ringan yang bagus dan Anda bisa menambahkannya ke dalam salad dan oatmeal Anda.

4.  Salmon: Salmon memiliki asam lemak omega-3 yang disebut EPA dan DHA yang memberikan perlindungan terhadap kolesterol tinggi. Salmon membantu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL sedikit, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsilah setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu untuk membantu menjaga kesehatan jantung Anda.
5.  Teh Hijau: Minum teh hijau setiap hari akan membantu mengurangi kolesterol jahat. Minuman sehat ini memiliki beberapa senyawa yang mencegah penyerapan kolesterol di saluran pencernaan dan juga membantu dalam ekskresi. Selain itu, teh hijau juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti: mencegah penumpukan plak di arteri. Minum 3 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari.
6.  Kedelai: Orang yang menderita kolesterol tinggi bisa menambahkan kedelai ke dalam makanan mereka, karena kaya akan protein tanaman. Ia mengandung lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral dan serat berkualitas tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Makan 1 sampai 2 porsi kedelai setiap hari akan melindungi Anda dari penyakit jantung koroner.
7.  Alpukat: Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik. Alpukat kaya vitamin B kompleks, vitamin K dan beberapa mineral, dan buahnya juga mengandung sterol tumbuhan yang memiliki khasiat penurun kolesterol.
8.  Minyak Zaitun: Minyak zaitun adalah minyak sehat yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Menambahkan minyak zaitun ke makanan Anda akan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Minyak zaitun juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Gunakan minyak zaitun sambil memasak makanan atau menggunakannya sebagai saus salad yang sempurna juga.
9.  Dark Coklat: Tahukah Anda bahwa dark chocolate juga bisa menurunkan kolesterol tinggi? Ini dapat secara efektif mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam aliran darah. Komponen yang disebut theobromine hadir dalam dark chocolate terutama bertanggung jawab atas efek peningkatan kolesterol HDL-nya.
10.         Bawang Putih: Bawang putih adalah makanan super lain yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat. Bawang putih mencegah pembekuan darah, mengurangi tekanan darah dan melindungi jantung dari penyakit apapun. Menurut sebuah penelitian, ekstrak bawang putih merupakan alternatif yang efektif dan aman untuk obat tekanan darah dan obat penurun kolesterol bagi banyak orang. Baca Juga: 9 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi Yang Harus Anda Hindari!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dengan Cepat!"

Posting Komentar